PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SMP MUHAMMADIYAH 22 KISARAN

Rahma Yunita Ansi, Susi Masniari Nasution, Ningsih Ramadhani, Muhairani Muhairani, Rara Dwi Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran melalui penggunaan platform metode Brandstorming pada Literasi Numerasi Merdeka Belajar. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, berikut beberapa solusi yang akan dilakukan 1. Pelatihan bagi Guru: lakukan pelatihan intensif bagi guru-guru di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran tentang penggunaan metode Brandstorming pada Media belajar Merdeka Belajar. Berikan pengetahuan mendalam tentang cara mengoptimalkan langkah-langkah metode Brandstorming ini untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan efektif. 2. Pengembangan perangkat pembelajaran: dukung guru-guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Pastikan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan memanfaatkan berbagai metode pada Merdeka Belajar lain, yang dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa.

 

Kata kunci: Brainstorming, Literasi, Numerasi.


Full Text:

PDF

References


Mahmud, M.R (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur.Kalamatika;Jurnal Pendidikan Matematika,4(1). 69-88

UNESCO. Education: A foundation for sustainable development. [Internet]. 2020. [Accessed 2023 Aug 3]. Available from: https://en.unesco.org/themes/education

Darling-Hammond L. The flat world and education: How America's commitment to equity will determine our future. New York, NY: Teachers College Press; 2010.

OECD. Education at a Glance 2019: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing; 2019.Sahlberg P. Finnish Lessons: What can the world learn from educational change in Finland? New York, NY: Teachers College Press; 2010.

Hargreaves A, Fullan M. Professional capital: Transforming teaching in every school. New York, NY: Teachers College Press; 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.