PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PKK DESA BUNUT SEBERANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Hal ini penting karena bahasa Inggris merupakan bahasa pertukaran bagi banyak individu dari berbagai negara dan latar belakang (Posumah & F.L.Damopolii, 2021). Diperlukan lebih banyak waktu untuk mempelajari kata-kata dalam Bahasa tersebut, terutama kata-kata Bahasa Inggris. Sepuluh kata unsur bahasa tersebut di atas harus dapat dibahas dan dipelajari sebagai satu kesatuan (Rudianto & Simanjuntak, 2020). Dalam pembelajaran pembelajaran bahasa Inggris, penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempelajari bahasa tersebut. Karena bahasa merupakan alat komunikasi, salah satu cara terbaik untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan menggunakannya baik dalam konteks formal maupun informal, baik melalui ucapan maupun tulisan (Rudianto & Simanjuntak, 2020). Dalam pembelajaran pembelajaran bahasa inggris, menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempelajari bahasa. Karena bahasa merupakan alat komunikasi, salah satu cara terbaik untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan menggunakannya dalam konteks formal dan informal, baik melalui berbicara dengan suara keras atau melalui tulisan (Rudianto & Simanjuntak, 2020). Kemampuan berbahasa Inggris dengan lancar tidak hanya dimiliki oleh para profesional saja; pelajar di pendidikan umum atau sekolah militer juga memerlukannya, begitu pula ibu-ibu PKK Bunut Seberang. Oleh karena itu, dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kemampuan pembelajar bahasa Inggris di kalangan orang tua PKK dan masyarakat umum dalam bentuk pengajaran bahasa Inggris lisan.
Kata kunci: Bahasa Inggris, PKK, Pelatihan, Orangtua
Full Text:
PDFReferences
Sri Handayani, ‘Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean’, Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3.1 (2016), 102–6 .
Hamdani, ‘Dengan Metode Drill and Practice Pada Siswa’, Tugas Akhit FKIP UNTAN, 20, 2020.
Rosalina Rizki Pratiwi, ‘Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN S4 Bandung’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.1 (2016), 199–207.
Sarah Nasution, ‘Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini’, Warta, 50.1 (2016), 15–19.
Jaka Satria Warman and others, ‘Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.2 (2020), 280–85 .
Inti Ikhlasani and R Syahrul, ‘Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Mukomuko’, JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10.1 (2021), 1–10.
Made Susini, ‘Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris’, Linguistic Community Services Journal, 1.2 (2020), 37–48 .
Riastri Novianita, Amalia Tresna Fadhilah, and Cindya Yunita Pratiwi, ‘Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Untuk Ibu-Ibu PKK RPTRA Pinang Pola Kelurahan Pondok Labu , Jakarta Octavia Yuskar Fitri Yanti Dwi Wahyuni , M . Taufan Dwi Utomo L . S , Puti Sayyidina Nadizania Prodi Komunikasi Dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informati’, XX.X (2022), 2020–23.
E Sulistiana, ‘Upaya Meningkatkan Soft Skill Santriwatiwati Melalui Pelatihan Pidato Bahasa Inggris’, AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.4 (2022), 181–85 .
Setiyusu Waruwu, ‘Pendekatan Konstruktivisme Dengan Teknik M3 (Mengamati, Menirukan, Memodifikasi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1.1 (2022), 326–33 .
Refbacks
- There are currently no refbacks.