PENGARUH HARGA, CITA RASA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN KAYU RANDU SEI BALAI KABUPATEN BATUBARA

Dian Wahyuni, Muhammad Saleh Malawat, Ahmad Rifandy Siregar, Indah Yanda Yani Sibuea, Muhammad Fery Setiawan

Abstract


Bisnis kuliner seperti rumah makan merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesar pada masa ini. Bisnis kuliner banyak diminati oleh pelaku usaha karena memiliki prospek yang menjanjikan. Kepuasan konsumen menjadi faktor utama yang menjadi fokus perhatian pada pelaku usaha melalui persepsi harga, dan cita rasa dan lokasi .Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, cita rasa dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan kayu randu sei balai kabupaten batubara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan metode survey dengan alat bantu angket/kusioner menurut skala likert. Kemudian populasi pada penelitian ini adalah konsumen makan kayu randu sei balai kabupaten batubara sebanyak 99 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi memperoleh hasil thitung sebesar 2,746 lebih besar dari nilai label 1,985 dengan nilai signifikan 0,007< 0,05 yang berarti variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Pada variabel Harga memperoleh hasil thitung sebesar 2,130 lebih besar dari nilai ttabel  1,985 dengan nilai signifikan 0,036 < 0,05 yang berarti variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Pada variabel Cita Rasa memperoleh hasil thitung sebesar 3,093 lebih besar dari nilai tabel 1,985 dengan nilai signifikan 0,003 <0,05 yang berarti variabel Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

 

Kata Kunci: Harga, Cita Rasa, Lokasi, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Agestina, K., & Susilowati, I. (2019). ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KONSUMEN HANNA KEBAB DI KEBUMEN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 110–121. https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.395

Amir Hamzah Siregar, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Mbak Siti. Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51178/jecs.v3i1.131

Anggyta, Y. A. (t.t.). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MIE GACOAN SIDOARJO.

Firdiyansyah, I. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG GUBRAK KEPRI MALL KOTA BATAM. 1(1).

Hana, Q. R. (t.t.). PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH JURUSAN EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

Hariyanto, A. T., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2022). PENGARUH CITA RASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA WARUNG MAKAN BANK ONE 2 DI JALAN MASTRIP JEMBER). 16.

Husna, A., Zuriani, Z., & Sumitro, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AYAM GEPREK WARUNG ENDUS SIBUAYA. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.46306/vls.v1i2.24

Idris, A., Kusasi, F., & Haji, R. A. (t.t.). PENGARUH LOKASI, CITA RASA, HARGA, PERCEIVED VALUE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN TANJUNG SEBAUK.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300

Nugroho, A., & Astuti, P. B. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Bakso Lumayan Pak Cipto Karanganyar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 598–608. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.900

Sari, R. R. N. (2018). PENGARUH CITA RASA, HARGA, DAN TEMPAT TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Pada Kedai Mie Djoedes Pare). JURNAL EKUIVALENSI, 4(2), Article 2.

Setiawati, S., Guspul, A., & Meftahudin, M. (2020). PENGARUH SERVICE QUALITY, FOOD QUALITY, PRICE DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Cafe Eatbox Kitchen Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1229

Situmeang, L. S. (2017). PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMETERA UTARA 2017.

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.209

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN RAJA OCI MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22918


Refbacks

  • There are currently no refbacks.