KONSISTENSI KURIKULUM MERDEKA MENUJU PROFIL PELAJAR PANCASILA DI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN: KAJIAN TEORITIS KONTEKSTUAL

Bambang Gulyanto, Harry Sambayu, Fani Aulia Sirait, Mannawasalwa Siregar, Micael Olivan Siahaan

Abstract


Artikel ini membahas dan mengkaji berbagai persfektif tentang konsistensi kurikulum merdeka menuju profil Pancasila di Tingkat Satuan Pendidikan yang beragam. Artikel ini menggunakan kajian teoritis kontekstual berbasis pendekatan kualitatif. Pendekatan ini mengedepankan kajian-kajian teori, artikel, dan sumber lain yang dianggap sangat relevan dengan pembahasan. Metode pembahasan menggunakan lima tingkatan antara lain: Deskripsi Mendalam, Pendekatan Holistik, Analisis Kualitatif, Penggunaan Data Primer, dan Generalisasi Data Terbatas. Berdasarkan pada kajian artikel ini ditemukan bahwa konsistensi kurikulum menuju profil pelajar Pancasila di tingkat satuanpendidikan dapat dilakukan dengan mengedepankan berbagai persfektif, antara lain, 1) Pembelajaran berbasis Muatan Lokal, 2) Capaian Pembelajaran Bermakna, 3) Strategi Aktivitas Pembelajaran Bersifat Multi-Etnik, 4) Bermuatan Karakter Ketaqwaan, 5) Bernuansa Kritis Normatif. Persfektif ini memberikan solusi alternatif dalam membentuk peserta didik untuk mengerti dan paham akan kebermaknaan cita-cita bangsa.

 

Kata kunci: persfektif, profil Pancasila, konsistensi, kurikulum


Full Text:

PDF

References


Artaga, R. C. (2021). Mastery of Science Concepts Improves Scientific Attitude in Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 606. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.37897

Azmi, I. K. (2023). Pembelajaran Sumpah Pemuda dan Pendidikan Karakter Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jejak : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(1), 66–78. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i1.24696

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka 2. (2022).

Fatmala, F., & Astuti, E. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Story Telling Kepahlawanan Pada Siswa SDN Sidorejo 02.

Formen, A., & Nuttall, J. (2014). Tensions Between Discourses of Development, Religion, and Human Capital in Early Childhood Education Policy Texts: The Case of Indonesia. International Journal of Early Childhood, 46(1), 15–31. https://doi.org/10.1007/s13158-013-0097-y

Fragouli, E. (2020). A critical discussion on issues of higher education: Curriculum internationalization, challenges, and opportunities. International Journal of Education and Learning, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i2.110

Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal dalam Kurikulum Merdeka (Vol. 1).

H. Dadang Supardan. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.

Kahfi, A., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah: Implementation of Pancasila Student Profile and Implications for Student Character at School.

Karmadi, A. (2007). Budaya Lokal Sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya. Dialog Budaya Daerah Jawa Tengah, 1–6. http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/sites/37/2014/11/Budaya_Lokal.pdf

Marwan, H. F. (2022). From Theory to Practice: The Pedagogic Application of Major L2 Motivation Theories in an IB School. Journal of English and Education (JEE), 8(2), 87–96. https://doi.org/10.20885/jee.v8i2.25703

Mystakidis, S. (2021). Deep Meaningful Learning. Encyclopedia, 1(3), 988–997. https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030075

Nurhasanah, A., Ramadhanti, S., Utami, S., & Putri, F. A. (2022). Improving Elementary School Students’ Understanding of the Concept through Meaningful Learning in David Ausbel’s Perspective. Jurnal Basicedu, 6(4), 5728–5734. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2935

Nurun Alanur, S. S., Amus, S., & Tadulako, U. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

Nur Wijayanti, D. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518

Rai, I. B., Sila, I. M., Brata, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307

Responsible Innovation in Technology for Children Digital technology, play and child well-being. (2022). https://www.westernsydney.edu.au/

Rifqi Hamzah, M., & PGRI Wiranegara Yuniar Mujiwati, U. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).

Rizkasari, 1elinda. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

Smith, S. E., Mason, J. C., & Bowden, M. (2020). Local Wisdom in Regenerative Teacher Practices. Australian Journal of Teacher Education, 45(9), 91–107. https://doi.org/10.14221/ajte.2020v45n9.6

Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456

Sumarjoko, B., & Ali, M. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA DAN SMA NEGERI 7 SURAKARTA.

Supriyadi. (2000). Sastra Lokal, Nasional, atau Global? Jurnal Humaniora, 12(2), 189–194. https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/689

Suswandari, M., Siswandari, Sunardi, & Gunarhadi. (2020). Social skills for primary school students: Needs analysis to implement the scientific approach based curriculum. Journal of Social Studies Education Research, 11(1), 153–162.

Syaefulloh, A. M., Windiani, D., Putriani, P., Rohaeni, S., & Nugraha, R. G. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila dan Eksistensinya bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Vargas-Hernández, J. G., & Vargas-González, O. C. (2022). Strategies for meaningful learning in higher education. Journal of Research in Instructional, 2(1), 47–64. https://doi.org/10.30862/jri.v2i1.41

Yani, A., & Mulyadi, A. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS)-Oriented Learning in Geography Learning. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1). https://doi.org/10.17509/jpis.v31i1.47407

Young, J., & Donovan, W. (2020). Challenges for students, families, and teachers. June.

Yunitasari, D. (2018). Mengupas hakikat manusia sebagai makluk pendidikan dan implikasinya. PPKn Dan Hukum, 13(1), 77–93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.