PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA DAERAH AIR JOMAN

Dailami Dailami, Nila Sudarti, Benedita Benedita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis teks prosedur. Menulis teks prosedur menuntut siswa untuk dapat menulis teks dengan baik, namun kenyataannya siswa tidak dapat menulis teks prosedur dengan baik. Siswa kelas XI SMA Swasta Daerah Air Joman kesulitan dalam memahami tahapan atau langkah kerja dari suatu proses kegiatan, sulitnya dalam mengembangkan pokok pikiran untuk menuangkan ide kedalam sebuah tulisan. Hal ini dikarenakan siswa yang kurang mampu membuat sebuah tulisan tanpa melihat secara langsung kegiatan yang akan dibuat dalam sebuah teks. Oleh karena itu peneliti berupaya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning agar hasil belajar siswa dalam menulis dapat meningkat. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa pada kelas XI di SMA Daerah Air Joman Kabupaten Asahan, yaitu kelas XI-1 berjumlah 35, dan kelas XI-2 berjumlah 34.. Peneliti menggunakan 2 kelas yaitu Kelas XI 1 dengan jumlah 35 siswa kelompok kontrol dan XI 2 dengan jumlah 34 siswa untuk di jadikan sampel kelompok eksperimen, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 69 Siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu Maka peneliti menganggap kelas XI 2 dan XI 3 dinyatakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menulis teks prosedur menggunakan PBL pada siswa kelas XI di SMA Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2023/2024 yaitu t-diamati> t-tabel (df = 78, untuk = 4,55> tt = 2,00, p = 0,05 ).

 

Kata Kunci : Model PBL, Menulis Teks Prosedur

Full Text:

PDF

References


Abbas, Nur (2019). Pembelajaran Menulis. Jakarta: UPI.

Ardianti. 2021. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Vol. 3 No. 1 Juni 2021 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction e-ISSN: 2685-7723

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta. Bumi Aksara

Dawud. 2020. Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP dan MTs Kelas 7. Jakarta: Grasindo

Ginting, Egi Verbina. Analisis dari Faktor tidak Meratanya Pendidikan. Jurnal Pendidikan di Indonesia Vol. 1 No. 3 April 2022.

Hatmo, Kenang Tri. 2021. Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Klaten: Lakeisha

Ibda, Hamidulloh. 2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut untuk Mahasiswa. Dilengkapi Caturtunggal Kemampuan Berbahasa. Semarang: Pilar Nusantara.

Mulyani, Sri. 2022. Menulis Report Text Melalui Metode Text Based Instruction. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Panggabean, Martha Yehonala. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 2 Tahun 2018, pp. 165-171 P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272 Open Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Priambodo, Bagus. 2021. Menulis untuk Belajar dan Berpikir. Diakses dari https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/menulis-untuk-belajar-dan-berpikir/ pada 25 Januari 2023

Pristiwanti, D., Badariah, B. (2022). Hakimat Pendidikan. Jurnal Pendidikan 4(6), 7911–7915. https://doi.org/1a01.310014/jpdk.v4ii6.9498

Robiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol. 2– No. 1, year (2021), page 114-121

Rusniyati Abdulrahman dan Mira Yulianti (2019) Model Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman dan Berpikir secara Kritis, https://doi.org/10.2400042/ijsmae.v2ia3.436a6

Romadhon, Sahrul. 2019. Manajerial Kemampuan Menulis:Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi dan Non Fiksi. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Sidabutar, Yanti Arasi. 2022. Kemampuan Menulis Narasi Siswa (dalam Tinjauan Media Pembelajaran dan Kemampuan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.