PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA SMA NEGERI 2 TANJUNGBALAI
Abstract
Dalam menulis teks anekdot, pada umumnya siswa untuk tingkat SMA banyak mengalami kesulitan yaitu diantaranya; 1) siswa mengalami kesulitan dalam menentukan cerita yang tergolong lucu, 2) siswa merasa kesulitan dalam menyusun dialog, utamanya dialog-dialog yang menandai unsur–unsur teks anekdot seperti abstraksi, orientasi, krisis, reaksi dan koda, 3) siswa merasa kesulitan dalam menyatu-padukan unsur lucu bernuansa sindiran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media video stand up comedy terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post-Test Design. Pada kelas kontrol terdapat 2 kategori, yaitu Baik sebanyak 21 siswa atau 58,33%, dan Cukup sebanyak 15 siswa atau 41,67% dengan nilai rata-rata 69,58. Pada kelas eksperimen terdapat 3 kategori yaitu Sangat Baik sebanyak 10 siswa atau 27,78%, Baik sebanyak 22 siswa atau 61,11%, dan Cukup sebanyak 4 siswa atau 11,11% dengan nilai rata-rata 77,91. Nilai t pada taraf 5% dan 1% dengan dk = 70. Diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,66 dan taraf signifikansi 1% = 2,38. Karena t hitung (to) lebih besar dari t tabel (tl), yakni taraf signifikansi 5% (23,8 > 1,66), maupun taraf signifikansi 1% (23,8 > 2,38), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci: Menulis, Anekdot, Stand Up Comedy
Full Text:
PDFReferences
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 52–70.
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. https://doi.org/10.31227/osf.io/pq324
Atikah, Wan Nurul., (2020), Media Pembelajaran, Penerbit Azka Gemilang, Kisaran.
Azhar, Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Dinamaryati, D. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre dengan Media Pembelajaran Kartu Topik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyusun Teks Tanggapan di SMPN 4 Bolo Kelas IX-3 Semester I Tahun Pelajaran 2020/. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 328–339.
Fatimah, N. (2013). Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 215–238.
Fernando, dkk., (2020), Pengembangan Media Pembelajaran, Penerbit Yayasan Kita Menulis, Jakarta.
Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40.
Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130.
Hujair, Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif- Inovatif. Penerbit Kaukaba Dipantara, Yogyakarta.
Hulu, G. S., & Wangke, C. B. (2017). Pengaruh Brand Image Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mahasiswa Ibm Asm. Jurnal ADMINISTRASI BISNIS, 1(1), 1–9.
Ikhsan, M. N. (2021). Stand Up Comedy Sebagai Media Dakwah & Kritik Sosial Terhadap Karya Dzawin Nur Ikram.
Khairani, Tuti. dkk., (2021), Metodologi Penelitian Pendidikan, Penerbit Tahta Media Group, Jawa Tengah.
Kosasih, Engkos. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Krissandi, A. D. S., & Setiawan, K. A. C. (2018). Kritik Sosial Stand Up Comedy Indonesia Dalam Tinjauan Prakmatik. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(2), 46–59.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa : Menulis Karangan Eksposisi. https://doi.org/10.31227/osf.io/3rgyk
Lestari, S., Pengembangan, B., Televisi, M., Mangkurejo, J., Kwangsan, D., Sedati, K., Sidoarjo, K., & Timur, J. (2014). Pengembangan Video Tutorial untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD The Development of Video Tutorial to Improve Early Childhood Development ’ s ( EDC ) Pedagogical. Teknodik, 18 Nomor 3, 315–325.
Mustikasari, R., & Harida, R. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Stand-Up Comedy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Learning Aperseption Through Stand-Up Comedy To Improve Student ’ S Learning Motivation With the. Jurnal Pendidikan, 21, 111–121.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.
Pradina, Novita Dewi., D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183.
Prilidiningrum, S. A., Eriyani, R. N., & Kusmayati, N. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Trivia pada Materi Teks Anekdot. 1.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178.
Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267.
Rusman, dkk. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.
Saputra, Rian, dkk. (2015). Stand Up Comedy. Penerbit Soulmate. Jakarta.
Sari, R., Hudiyono, Y., & Soe’oed, R. (2017). Pengembangan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 1(4), 317–330.
Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., Pratiwi, R. D., Maret, U. S., Newton, H., Pendahuluan, A., & Sains, I. K. (2016). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio 7. Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, Dan Inovasi Pembelajarannya, 946–952.
Sismulyasih Sb, N. S. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64.
Sudjana, Nana, dkk. (2005). Media Pengajaran. Penerbit Sinar Baru Algensindo, Yogyakarta.
Sugiyono., (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.
Suryani, Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Penerbit Rosda, Malang.
Tumaloto, E. H., & Adiko, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia dengan Penggunaan CCY ( Channel and Content Youtube. Jambura Journal of Sport Coaching, 2(2), 53–60.
Wibawa, Basuki. (1992). Media Pengajaran. Penerbit Depdikbud, Jakarta.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91.
Refbacks
- There are currently no refbacks.