STRATEGI PROMOSI UNTUK MENGOPTIMALKAN BRANDING DESTINATION KOTA MEDAN PADA MASA PADEMI COVID 19

Elfitra Desy Surya, Megasari Gusandra Saragih

Abstract


Sektor parawisata saat ini memasuki New Normal (Normal Baru) sejak adanya pademi Covid 19 di seluruh dunia. Penelitan ini akan meneliti strategi promosi yang dikembangkan pada saat pademi di Kota Medan. Populasi yang akan disurvei dari platform di media sosial. Hasil penelitian ini yaitu media sosial berpengaruh positif  dan  signifikan terhadap brand destinasi, komuniasi pemasaran berpengaruh positif  dan  signifikan terhadap brand destinasi, harga paket wisata  berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand destinasi, komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunikan, dan harga paket wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunikan. Keunikan memediasi secara partial mediation pengaruh media sosial terhadap brand destinasi. Hipotesis yang diterima dan mempunyai pengaruh yang paling besar yaitu pengaruh Pengaruh Komunikasi Pemasarn terhadap Keunikan dengan pengaruh sebesar 0,795  (79,5%).

 

Kata Kunci : Pademi Covid 19, Keunikan, Brand Destinasi.

Full Text:

PDF

References


Adityo, B., & Khasanah, I. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara On Line di Situs Kaskus (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Alvianna, S. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(1), 12.

Durianto, D., & Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11(1), 35-55.

Durianto, D., Sugiarto, A. W., & Hendrawan, S. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di j. co Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1).

Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square “Konsep, Teknik dan Aplikasi” SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2010). SEM: An introduction. Multivariate data analysis: A global perspective, 5(6), 629-686.

Karta, N. L. P. A., & Suarthana, I. K. P. (2011). Strategi komunikasi pemasaran ekowisata pada destinasi wisata Dolphin Hunting Lovina. Sumber, 2(826), 709.

Kartono, S. (2010). Crisis To Win. TransMedia.

Kasali, R. (2012). Manajemen Periklanan dan Applikasinya di Indonesia. Edisi Keempat, Pustaka Utama Grafika, Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.

Morrisan, M. A. (2010). Teori Komunikasi Massa-Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Risitano, M. (2005). The Role Of Destination In The Tourism Stakeholders System (The Campi Flegrei Case). Italy: University of Naples Federico II, Department of Business Management, Faculty of Economics.

Rizki, M. A., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 49(2), 157-164.

Saragih, H., & Ramdhany, R. (2012). Pengaruh intensi pelanggan dalam berbelanja online kembali melalui media teknologi informasi forum jual beli (FJB) Kaskus. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 100-112.

Shimp, T. (2013). Prilaku Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga

Siswantini, W., Ayuni, D., & Mulyana, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Pengalaman Dan Kualitas Jasna Terhadap Citra Dan Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Wisatawan Nusantara (Survei Tempat Rekreasi Air Terjun Di Kabupaten Bogor). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13(1), 71-85.

Sugiama, A. G., & Pambudy, E. F. S. B. (2017). Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.