ANALISA KONDISI KERUSAKAN JALAN PERMUKAAN DENGAN METODE BINAMARGA (STUDI KASUS : SIMP. JALAN PASAR MERENG SEI DADAP)

Junaidi Siahaan, Alexander Tuahta Sihombing, Bayu Yudistira

Abstract


ABSTRAK

 

Guna mengetahui tentang bagaimana kondisi kerusakan pada permukaan jalan raya atau bagian jalan lainnya, maka diperlukan untuk melakukan survai secara visual dengan cara melihat dan memperhatikan pola kerusakan tersebut berdasarkan dari jenis dan tingkat kerusakannya yang akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pemeliharaan serta perbaikan jalan raya tersebut. . Dari ruas jalan Simpang Jalan Pasar Mereng Sei Dadap  Kabupaten Asahan yang diteliti, total luas kerusakan jalan adalah sebesar 38,23 m2. Terdiri dari beberapa tipe kerusakan yaitu kerusakan jalan yang berlubang sebesar 35,14 m2 dan jalan retak sebesar 3,05 m2. Jadi kerusakan dominan yang terdapat pada ruas jalan Simpang Jalan Pasar Mereng Sei Dadap  Kabupaten Asahan adalah Lubang  dengan luas sebesar 35,14 m2. Tingkat kerusakan yang terbesar adalah pada segmen 10 dengan kondisi kerusakan jalan yang berlubang dengan luasan sebesar 32 m2 dan kerusakan terkecil ada pada segmen 3 dengan kerusakan jalan yang berlubang dengan luasan 0,027 m2. Urutan Prioritas penanganan kerusakan ada pada nilai 9 yaitu cukup dimasukkan dalam program pemeliharaan rutin.

 

 Kata Kunci :  Analisa Kondisi Kerusakan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

ASTM International, Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys, Designation: D 6433 – 07.

Ary Setyawana, Jolis Nainggolan, Arif Budiarto (2015)” Predicting the remaining service life of road using pavement condition index, Proc. The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5), Procedia Engineering 125 ( 2015 ) 417 – 423.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota. (1990). Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No.018/T/BNKT/1990). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi Jilid II, Metode Standar NO. 002/T/Bt/1995.

Hardiyatmo, H.C. 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hermawan Adi Handoyo, 2016 “Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perkotaan Kabupaten Wonosobo)”, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Luke Ivander Evan, 2016 “Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perintis Kemerdekaan Km 30-33 Klaten)” , Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta Yogyakarta.

Mochamad Rondi, 2016 “Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus:Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar)”, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riyanto, A, 1996, Diktat Jalan Raya III, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Risal Rifa’i, 2019 “Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Drainase Pada Ruas Jalan Raya Sugio Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus : Ruas Jalan Sugio, Kabupaten Lamongan)” Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan, dan Infrastruktur ISSN (print) : 2715-4513; ISSN (online): 2715-4599 FTSP ITATS – Surabaya.

Yogesh U.Shaha, S.S. Jainb, Devesh Tiwaric, M.K. Jaind (2013) “Development of Overall Pavement Condition Index for Urban Road Network”, Proc.2nd Conference of Transportation Research Group of India (2nd CTRG), Procedia - Social and Behavioral Sciences 104 ( 2013 ) 332 – 341.

Sandra bethonna, 2019 “Analisa Tebal Perkerasan Jalan Terhadap Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Palembang – Indralaya Di Desa Sungai Rambutan – Timbangan Sta 00+000 - 11+000 Kabupaten Ogan Ilir”, Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sukirman, Silvia. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.

Standar Nasional Indonesia. Geometrik Jalan Perkotaan, RSNI T-14-2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.