PENGARUH BAGI HASIL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG TANJUNG BALAI
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem bagi hasil dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai. Perumusan masalah dalam penelitian ini apakah sistem bagi hasil hasil deposito mudharabah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai. Hipotesis yang diajukan dalam menjawab perumusan masalah adalah sistem bagi hasil deposito mudharabah dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh nasabah deposito mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai yang berjumlah 1872 orang nasabah hingga periode akhir 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang nasabah. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yand meliputi uji normalitas, multikolonieritas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara serempak maupun parsial sistem bagi hasil dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tanjung Balai dan secara parsial pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan menabung nasabah adalah Sistem Bagi Hasil.
Kata Kunci : Bagi Hasil, Kualitas Produk, Keputusan Menabung
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Qardhawi, Yusuf. 2001. Bunga Bank Haram. Cetakan Pertama. Alih Bahasa: Setiawan Budi Utomo. Penerbit Akbar, Jakarta.
Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Cetakan Pertama. Penerbit Akbar, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, PT, Rineka Cipta, Jakarta.
Byod, Harper W. Jr., Orville C. Walker, Jr., dan Jean-Claude Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan orientasi Global. Jilid Pertama. Alih Bahasa: Imam Numarwan. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Engel, James F., Roger D. Blackwel, dan Paul D. Miniard. 2001. Consumer Behavior. Eight Edition. The Dryden Press, Fort Worth.
Ghozali, Imam. 2003. Statistik Non-Parametrik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Penerbit Ghalia, Bogor.
Kotler, Philip. dan Gary Armstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Carl Mc. Daniel. 2001. Pemasaran. Alih Bahasa: David Octarevia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Liestyo, Stephen. 2003. Dealing with Bank Buku Panduan Nasabah. Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Lovelock, Christopher. 2001. Service Marketing, People, Technology, Strategy. Fourth Editon. Prentice Hall International Inc, USA
Refbacks
- There are currently no refbacks.