PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS)

Nurullita Astriani, Muhammad Bayu Al Dhana

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to produce mathematics teaching materials through Think-Pair-Share (TPS) learning for class VIII students who meet valid and practical criteria. This research is a development research adapted from the Thiagarajan 4D development model. The validity of teaching materials is seen from the results of expert validation and reaches the valid criteria of 5 validators. The practicality of the product reaches the practical category in terms of the results of teacher practicality assessments and observations of learning implementation. This research produces valid and practical mathematics teaching materials and valid and reliable test instruments.

 

Keywords: Development, Mathematics Teaching Materials, Think-Pair-Share (TPS) Learning.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustyarini, Y., Jailani. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika DenganPendekatan Kontekstual Dan Metode Penemuan TerbimbingUntuk Meningkatkan EQ Dan SQ Smp Akselerasi.Jurnal Riset Pendidikan Matematika.Volume 2 – Nomor 1, Mei 2015, (135 - 147).

Aini, H, M., Mardiyana., Sari, D, R.(2015). Eksperimentasi Model PembelajaranBerbasisMasalah Dan PembelajaranKooperatifTipeThink Pair Share PadaMateriBangunRuangSisiDatarDitinjau Dari KreativitasSiswaKelas Viii SmpNegeri Se-KabupatenPacitanTahunPelajaran 2013/2014. JurnalElektronikPembelajaranMatematika. Vol.3, No.1, hal 12-26, Maret 2015/ISSN: 2339-1685

Gazali, R., Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMPBerdasarkan Teori Belajar Ausubel.PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 11 – Nomor 2, Desember 2016, (182-192)

Kusumam, A., Mukhidin., Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata PelajaranDasar Dan Pengukuran ListrikUntuk Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 23, Nomor 1, Mei 2016

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika DenganMemanfaatkan Geogebra Untuk MeningkatkanPemahaman Konsep.GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 01 No. 01 Mei 2018p-2620-956X, e-2620-8067

Musliy. (2016).Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipeThink-Pair-Share (TPS) UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranMatematikaMateriJarakdanKecepatan di Kelas V SD Negeri 22 Wakorsel: JurnalHumanika No. 16, Vol. 1, Maret 2016/ ISSN Siswa1979-8296.

Salafudin, Pramesti, S., L,. D. Rini, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Smp BerwawasanNasionalisme Dan Kemandirian.MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.6 , No.1. p-ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X

Sari, I., P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp

Melalui Pendekatan Problem Posing.Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung (Didaktik). Volume 9, Nomor 1, Maret 2015 – ISSN 1978-5089.

Widati, R., S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think-Pairshare” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar MatematikaSiswa Kelas 1 Sdn 1 Josari Kec. Jetis Kab. PonorogoTahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Aristo. Vol. 4 - No. 2, Juli 2016

Wulansari, A., M., D., A., Pardimin., Arcana., I. N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran ModelKooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) BerbantuanModul Baris Kolom Untuk Persamaan Garis Di SMP. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. ISBN: 978-602-6258-07-6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.