UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan melihat komponen utama dalam pembelajaran yaitu guru, peserta didik, interaksi antara guru dengan peserta didik. Hasil penelitian ini akan membawa peneliti dalam keberhasilan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yang dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Untuk menciptakan perangkat yang demikian dan mendapatkan hasil yang memuaskan peneliti melaksanakan penelitian pengembangan Four-D yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian validator untuk produk yang dirancang berada pada presentase 81% - 100%. Dari hasil pengisian lembar observasi keterlaksaan RPP yang dilakukan oleh guru diketahui bahwa presentase nilai rata-ratanya adalah 95%. presentase rata-rata respon guru terhadap bahan ajar dan LKS yang digunakan 93,83% yang berada pada kategori sangat praktis. hasil angket respon siswa yang dibagikan setelah proses pembelajaran juga menunjukkan praktikalitas perangkat pembelajaran pada kategori praktis dengan presentase untukbahan ajar85,2% dan LKS 84,66%. Secara klasikal rata-rata nilai aspek keterampilan pada kelas uji coba ini adalah 86,16% ini dikarenakan setiap pertemuan aspek keterampilan siswa mengalami peningkatan. aspek sikap dengan nilai rata-rata sebesar 83,44% pada kategori membudaya.
Kata kunci:Problem Based Learning, Indahnya Negeriku, IV SD
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abeysekera, (2015) The role of work integrated learning in student preferences of instructional methods in an accounting curriculum. Asia Pacific Journal of Cooperative Education,
Ahmad, Arifin Zainal. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasai. Yogyakarta: Pedagogia.
Arikunto, S. 2012. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Fogarty, R. And Stoehr. J.1991.” Integrated Curricula with multiple Intelegencies: Teams, Themes, and Treades”. Pelatine, IL: Skylight Publishing, Inc, vol 3. No 5, (htt://vocserve, Berkeley. Edu/ST2.1/Toward an Integrated. Html. Di akses 29 Juni 2016).
Kelly, Lemons, 1991. Integreted Learning. Australia: Bookshelf Puplishing: Australia.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurukulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.
Mulyasa. E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Repoblik Indonesia No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Kepala Biro Kepegawaian.
Prastowo, Andi. 2014, Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto, Ngalim.(2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajarn. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sanjaya. W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada media Group
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.