STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI DESA SILO BARU KECAMATAN SILAU LAUT KABUPATEN ASAHAN
Abstract
ABSTRAK
Strategi Pemasaran Online dan Offline di Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan ini merupakan tujuan untuk mengembangkan usaha Produk yang ada di daerah Desa Silo Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan, misalnya banyak sekali masyarakat yang mengolah udang menjadi belacan dan maka dari itu dari hasil observasi wawancara secara langsung dengan pihak pelaku usaha yang ada di Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan. Mengenai Strategi Pemasaran yang diterapkan dalam mempertahankan usahanya, serta literature pendukung yang relevan. Strategi Pemasaran yang dilakukan warga Baru Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan kebanyakan melakukan strategi secara offline. Tujuan dari Strategi ini adalah tantangan mengenai fenomena baru dalam pemasaran Produk yaitu Pemasaran Produk melalui media Online. Paper ini menunjukkan bahwa pada era modern ini, dengan meningkatkan upaya dan pemanfaatan sosial media secara strategis dapat mempermudah serta memperluas dampak dari pemasaran produk. Strategi - strategi yang dilakukan dalam pemasaran produk online ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang tentuntya hanya dapat dilakukan apabila kita sebagai pengusaha dapat mengoperasikan dan mengikuti perkembangan teknologi. Sedangkan Strategi yang dilakukan Pemasaran Offline dapat dilakukan dengan cara bergabung dengan pengusaha lain misalnya menitipkan produknya ke toko lain.
Kata Kunci : Pemasaran Online dan Offline, Strategi Pemasaran.
ABSTRACT
This Online and Offline Marketing Strategy in Silo Baru Village, Silau Laut District, Asahan Regency is the aim of developing product businesses in the Silo Baru Village area, Silau Laut District, Asahan Regency, for example, many people process shrimp into Belacan and therefore from the results of observations Direct interviews with business actors in Baru, Silau Laut District, Asahan Regency. Regarding the Marketing Strategy implemented in maintaining the business, as well as relevant supporting literature. The marketing strategies carried out by residents of Baru, Silau Laut District, Asahan Regency mostly carry out offline strategies. The aim of this strategy is to challenge a new phenomenon in product marketing, namely product marketing via online media. This paper shows that in this modern era, increasing efforts and strategic use of social media can simplify and expand the impact of product marketing. The strategies used in online product marketing can be done in various ways which of course can only be done if we as entrepreneurs can operate and follow technological developments. Meanwhile, offline marketing strategies can be carried out by joining forces with other entrepreneurs, for example entrusting their products to other shops.
Keywords: Online and Offline Marketing, Marketing Strategy.
Full Text:
PDFReferences
Adelaar, Thomas, 2000. Electronic Commerce and Implifications for market Structure: The Example of the Art and Antiques Trade. Journal of Computer-Mediated Communication
Bennet, R.. 1997. Export Marketimg and the Internet: Experience of web site Use and Perceptions of
Export Barriers among UK. Businesses Industrial Marketing Review14 (5):324-344.
Kotler, P. 2000. Marketing Manajemen. International ed.Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
Malhorta, Narest K. 2010. Marketing Researc; An Applied Orentation. (5thed). New Jersey: Pearson Pretince-Hall.
Ardyanto, D., Susilo, H., dan Riyadi. (2015). Efek ketenangan pikiran dan kepercayaan Penggunaan e-commerce dalam keputusan pembelian online (survei Konsumenwww.petersaysdenim.com). Jurnal manajemen dan Bisnis, 1-8.
Billionairecoach. (2018, 11 03). Konsep Dasar Tentang Manajemen Pemasaran & Strategi Marketing di Era Digital. Retrieved 11 05, 2019, from www.billionairecoach.co.id:
Juanita, H. A., & Lestari, U. P. (2015). Tingkat Kepercayaan Konsumen dan Pemanfaatan e- Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk e-Ticket Pesawat Octopus Travel Surabaya. e-Bis, 55-74.
Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13.
Azmi, A. W. (2021). Peran Strategi Digital marketing dan Sosial Media.
Saragih, M. G., Manullang, S. O., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Era Digital. CV. Andalan Bintang Ghonim.
Refbacks
- There are currently no refbacks.