MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAUR ULANG

Khairun Nisa, Mutiara Indah, Rahmadani Risti Purba, Yeni Ramadani, Juni Erika, Kartika Marpaung, Siti Kholizah, Adelima Suryati Sianturi, Mutiara Risdhani, Rusmilah Rusmilah, Leli Hairani, Muhammad Alfarikh Purba

Abstract


ABSTRAK

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar (SD) dengan memanfaatkan media pembelajaran daur ulang. Literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam perkembangan akademik dan pribadi siswa. Namun, beberapa siswa SD mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan keterampilan ini.Kegiatan ini berlangsung di sekolah UPT SD Negeri 05 Sei Balai, Kec. Sei Balai, Kab. Batu Bara karena sebelumnya, pelaksana telah melakukan pengamatan dan merasa tertarik untuk menjalani pelaksanaan di sekolah dasar tersebut.Para siswadiajarkan cara menggunakan media pembelajaran daur ulang secara efektif dalam proses pembelajaran literasi dan numerasi. Media-media ini termasuk bahan-bahan daur ulang seperti buku-buku bekas, kertas daur ulang, dan bahan-bahan lain yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran.Selama kegiatan, peserta diajak untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai kegiatan pembelajaran kreatif yang berfokus pada literasi dan numerasi menggunakan media-media daur ulang. Hasil dari kegiatan ini diukur melalui evaluasi hasil belajar siswa, termasuk tes literasi dan numerasi, serta observasi terhadap perkembangan kemampuan siswa.Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam literasi dan numerasi siswa SD yang terlibat. Mereka menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca, menulis, dan menghitung, sambil juga mengembangkan pemahaman tentang pentingnya daur ulang dan pelestarian lingkungan.Kegiatan ini memberikan bukti bahwa pemanfaatan media pembelajaran daur ulang dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa SD, sambil juga menggalakkan kesadaran lingkungan. Hasil kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat sekolah dan menunjukkan potensi untuk diterapkan di berbagai sekolah lain sebagai upaya untuk memajukan pendidikan dasar.

 

Kata kunci: Literasi, Numerasi, Siswa, Sekolah Dasar, Daur Ulang

 

ABSTRACT

 

This community service activity aims to increase the literacy and numeracy of elementary school (SD) students by utilizing recycled learning media. Literacy and numeracy are basic skills that are very important in students' academic and personal development. However, some elementary students may face difficulties in understanding and applying these skills. This activity took place at the UPT SD Negeri 05 Sei Balai school, Kec. Sei Balai, Kab. Batu Bara because previously, researchers had made observations and felt interested in carrying out research at this elementary school. Students are taught how to use recycled learning media effectively in the literacy and numeracy learning process. These media include recycled materials such as used books, recycled paper, and other materials that can be used to develop creativity in learning. During the activity, participants were invited to design and implement various creative learning activities that focused on literacy and numeracy using recycled media. The results of this activity are measured through evaluation of student learning outcomes, including literacy and numeracy tests, as well as observations of the development of student abilities. The results of this community service activity show a significant increase in the literacy and numeracy of the elementary students involved. They show improvements in reading, writing and numeracy skills, while also developing an understanding of the importance of recycling and environmental sustainability. This activity provides evidence that the use of recycled learning media can be an effective tool in increasing elementary school students' literacy and numeracy, while also promoting environmental awareness. The results of this activity provide a positive contribution to the school community and show the potential to be implemented in various other schools as an effort to advance basic education.

 

Keywords: Literacy, Numeracy, Student,Elementary School,Recycle System


Full Text:

PDF

References


Ansori. (2015). Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Cahyanovianty, A. D. (2020). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.

Fayza, A. A., Nugraha, D. M., & . S. (2021). Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran Pkn. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506

Khoirunnisa, A., Hendratno, H., & Setyowati, S. (2023). Pengaruh Media Bahan Bekas Kemasan terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Anak Kelompok B di TK DWP Pademonegoro Sukodono Sidoarjo. Edukasia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 439–450. http://jurnaledukasia.org

Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., & Reswari, A. (2022). Media Daur Ulang ( Recycle System ) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. 6(3), 1323–1330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Ratna Dewi Purwati, Tiurlina, & Fatihaturosyidah. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394–403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1047


Refbacks

  • There are currently no refbacks.