PELATIHAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK

Novita Yolanda, Liza Safrina, Reni Juli Yanti, Eriadi Eriadi, Dermawan Dermawan, Asih Yulia Ningsih, Dewi Pratiwi, Era Fazirah, Sarah Ibtisamah, Silvia Paramita, Sri Rahayu

Abstract


ABSTRAK 

MTs Nurul Iman Simpang Empat masih melakukan cara lama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Guru masih awam dengan adanya penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dan masih percaya akan cara lama masih efektif digunakan didalam kelas. Dengan alasan ini guru masih perlu menambah wawasan akan pentingnya penggunaan ilmu pengetahuan teknologi serta melakukan pelatihan penggunaan teknologi penunjang pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki maksud untuk meningkatkan wawasan guru tentang penggunaan model belajar berbasis teknologi dan meningkatkan skill dan kreatifitas guru dalam mengajar dikelas melalui penggunaan aplikasi canva. Hasil yang didapatkan adalah guru lebih kreatif dan mampu menggunakan aplikasi canva.

Kata kunci—Guru, Model Pembelajaran,TPACK

 

ABSTRACT 

MTs Nurul Iman Simpang Empat still uses the old method of carrying out teaching and learning activities. Teachers are still unfamiliar with the use of technology in the world of education and still believe that the old methods are still effective in the classroom. For this reason, teachers still need to increase their insight into the importance of using technological knowledge and provide training in the use of technology to support learning. This community service aims to increase teachers' insight into the use of technology-based learning models and improve teachers' skills and creativity in teaching in class through the use of the Canva application. The results obtained are that teachers are more creative and able to use the Canva application.

 

Keywords— Learning Model, Teacher, TPACK

Full Text:

PDF

References


Manongga A. Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarj Univearsitas Negeri Gorontalo Pros Semin Nas Pendidik Dasar. 2021;978-623-98(November):1-7.

Ariani R. Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. J Penelit Pembelajaran Fis. 2019;5(2):155-162.

Widagdo PP. Pengaruh Kesesuaian Teknologi Terhadap Tugas Terhadap Kinerja Individu Pada Generasi Baby Boomers (1945-1964) Dalam Menggunakan Teknologi Informasi (Studi Kasus : Universitas Mulawarman). Inform Mulawarman J Ilm Ilmu Komput. 2016;11(2):54. doi:10.30872/jim.v11i2.978

Rahmadi IF. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. J Pendidik Kewarganegaraan. 2019;6(1):65. doi:10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Santika V, Sari PR. Studi Literatur: Technology, Pedagogic, and Content Knowledge (TPACK) atau Pengetahuan Konten, Pedagogis dan Teknologi. Semin Nas Pendidik Ekon Pascasarj FKIP UNS Surakarta. 2019;(October 2019):148-157.

Tonra WS, Angkotasan N, Sari DP, Ikhsan M. Menjadi Guru Kreatif Melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdaya Masyarakat). 2023;8(1):126-133.

Aspi M. Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba J Educ. 2022;2(1):64-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.