MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK-ANAK DESA BAHUNG SIBATU-BATU MELALUI PROGRAM FORUM ANAK CERDAS
Abstract
ABSTRAK
Forum anak cerdas merupakan suatu program kerja yang berhasil dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Forum anak cerdas adalah sebuah program belajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar pada anak-anak untuk ikut serta dalam kegiatan pendidikan yang dilaksanakan diluar jam sekolah. Tujuan dari program kerja ini untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa, untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak desa dan untuk membuat mereka lebih aktif dan kreatif. Masalah yang terdapat yaitu anak-anak desa yang kurang aktif, untuk itu kami membuat program forum anak cerdas agar menumbuhkan bakat mereka dan membuat mereka lebih aktif dan kreatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam program ini mahasiswa berhasil melakukan program kerja dengan baik. Adapun program yang dilakukan saat berada si desa yaitu: 1) Forum Anak Cerdas, 2) Les Bahasa Inggris, 3) Festival Anak Cerdas. Dengan adanya festival anak cerdas dapat menjadi suatu hal penghargaan yang baik sebagai hasil belajar anak-anak desa dapat belajar di forum anak cerdas. Penulis berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi para masyarakat desa Bahung Sibatu-Batu.
Kata Kunci : Deskriptif, Forum Anak Cerdas, Kualitatif, Pengabdian, Kreatif, Masyarakat
ABSTRACT
The intelligent children's forum is a work program that has been successfully carried out by students and lecturers. The Smart Children's Forum is a learning program that aims to provide learning opportunities for children to participate in educational activities carried out outside school hours. The aim of this work program is to provide students with experience, to develop the interests and talents of village children and to make them more active and creative. The problem is that village children are less active, for this reason we created a smart children's forum program to develop their talents and make them more active and creative. This research uses a descriptive method using a qualitative approach. In this research, the data collection techniques used were observation, interviews and documentation. In this program students succeeded in carrying out the work program well. The programs carried out while in the village are: 1) Smart Children's Forum, 2) English Tutoring, 3) Smart Children's Festival. With the intelligent children's festival, it can be a good reward as a result of the learning that village children can learn in the intelligent children's forum. The author hopes that this program can run well and be beneficial for the people of Bahung Sibatu-Batu village.
Keywords: Descriptive, Smart Children's Forum, Qualitative, Service, Creative, Community
Full Text:
PDFReferences
Erwin Siregar, O., Sari Rambe, A., Fatimah Siregar, S., & Pendidikan Tapanuli Selatan, I. (2023). Apindas (Anak Pintar Dan Cerdas) Suatu Program Peningkatan Pola Pikir Cerdas Dan Kreatif. Jurnal.Spada.Ipts.Ac.Id, 2(1), 173–178.
Jannah, M., Amaliatulwalidain, A., & Kariem, M. Q. (2022). Optimalisasi Peran Forum Anak Dalam Mensosialisasikan Kebijakan Kota Layak Anak Di Kota Palembang. Governance, 10(2), 65–76. https://doi.org/10.33558/governance.v10i2.5640
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rosaria, D., & Novika, H. (2018). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 2(2), 13–19. https://doi.org/10.31602/jpai.v2i2.751
Setyariski, R. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Refbacks
- There are currently no refbacks.