UPAYA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA GADGET

Sri Rahma Dewi Saragih, Muhammad Ridho Sambas, Hazli Azwar Hasibuan, Dita Niarti, Dhea Rasti Br. Damanik, Fatimah Fatimah, Yulia Havilza Panjaitan, Nella Putri, Uswatun Hasanah, Yulia Rahma, Hera Meiarfi Marpaung

Abstract


Upaya penguatan literasi dan numerasi pada anak sekolah dasar di era gadget yang merupakan usaha penting yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Indonesia berada sangat jauh tertinggal dari beberapa negara yang memiliki tingkat literasi yang jauh lebih tinggi. Pemerintah dan juga pihak terkait seperti (Sekolah, Perguruan Tinggi, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan dan Orang Tua) harus ikut berperan serta dalam upaya penguatan literasi dan numerasi bagi peserta didik dan juga bagi pendidik di Indonesia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi dan numerasi dilakukan dengan program berbentuk seminar pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode seminar. Upaya yang dilakukan dalam seminar ini berjalan sangat baik dan mengahasilkan pemahaman yang relevan kepada seluruh peserta bahwa literasi sangatlah penting di era gadget yang saat ini sedang mendominasi dan merasuki semua kalangan yang ada.

 

Kata Kunci : Era Gadget, Literasi, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Admin Sevima. (2020, Oktober 14). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. Dipetik Oktober 2, 2023, dari Sevima: https://sevima.com/pengertian-literasi- menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/.

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, A., … & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2), 37- 41.

Daroin, A. D., Santoso, O.V. K., Pranidia, D.M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19-25.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gufran Gufran, Imran Mataya. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyarakat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 4(2), 2020.

Jannah Roikhanatul, Rizka Nur Oktaviani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Digital Pada Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 7(2), 123-138, 2022.

Putri, K. (2018, Desember 6). Apa itu teknologi? Sejarah dan Pengertian Teknologi. Dipetik Oktober 4,2023, dari https://www.google.com/amp/s/teknologi.id/amp/insight/apa-itu-sejarah- dan-pengertian-teknologi/

Santoso Gunawan, Muhammad Nur Syahroni Hidayat, Masduki Asbari (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal pendidikan Transformatif 2(1), 100-106, 2023.

Siregar, R. K., Sibuea, E. R., & Siregar, S. U. K. M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi dalam Rangka Mengurangi Penggunaan Gadget pada Anak. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 118–124. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i3.306

Suwarno (2021, Juli 17). Pentingnya keterampilan Literasi dan Numerasi. Dipetik Oktober 6, 2023, dari https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/17/pentingnya-keterampilan-literasi-dan-numerasi/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.