PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Paisal Manurung, Dian Anggraini Harahap, Datulina Ginting, Karimaliana Karimaliana

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan kegiatan yang mendorong masyarakat untuk dapat melihat potensi dan daya guna mereka sendiri. Potensi dan daya guna ini dapat terlihat dari seberapa besar masyarakat memahami makna dan arti pemberdayaan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini menggunakan pendekatan deskriptif quantitatif. Lokasi kegiatan ini di Desa Pasiran Kec. Sei Dadap Kab. Asahan. Adapun peserta dari kegiatan ini merupakan masyarakat yang tinggal di daerah lokasi kegiatan terdiri dari tokoh masyarakat, mahasiswa, siswa, dan pemerintah setempat. Dari kegiatan ini dapat ditarik beberapa poin penting bahwa Desa Pasiran memiliki potensi antara lain, terdapat adanya lahan miliki masyarakat yang belum diperdayagunakan dengan baik, hasil pertanian masih diolah dengan cara konvensional, kreativitas pemuda dan pemudi belum dibekali pengetahuan teknologi dengan baik. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat dalam mendayagunakan potensi mereka sendiri.

 

Kata kunci— Potensi, Kreativitas, Daya Guna

Full Text:

PDF

References


K. Kushadajani dan I. A. Permana, “Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Desa: Peran Kepemimpinan Lokal dalam Perspektif Relasi Antar Aktor,” JIIP J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 5, no. 1, hal. 70–80, 2020.

Y. Maulida, “Efektivitas Program Inovasi Desa Dalam Rangka Mewujudakan Kemandirian Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat,” Skripsi Fak. Ilmu Sos. Dan Ilmu Polit. Univ. Muhamadiyah Sumatra Utara, hal. 1–66, 2018.

D. A. N. Transmigrasi dan R. Indonesia, “Program Inovasi Desa,” hal. 66–70, 2019.

D. Widianti, “Pengaruh Dimensi Strategi Inovasi Dan Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Nilai Suatu Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Tobin’s Q. 26–69.,” hal. 26–69, 2016.

S. Nur, “Pemberdayaan Perempuan Untuk Kesetaraan & Meningkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Lingkungan Hidup,” an-Nisa, vol. 10, no. 1, hal. 99–111, 2019.

N. Munawar, “Pemberdayaan Masyarakat,” J. Ilm. Civ., vol. I, no. 2, hal. 87–99, 2011.

K. Endah, “Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa,” Moderat J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 6, no. 1, hal. 135–143, 2020.

M. B. Setiadi, “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan,” Publika, vol. 10, no. 3, hal. 881–894, 2022.D. P. Kurniawati, B. Supriyono, dan I. Hanafi, “Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto),” J. Adm. Publik, vol.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.