UPAYA MEMBIMBING KELUARGA DAN MASYARAKAT MENUJU KELUARGA MANDIRI DI DESA SEI HALIM HASAK KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN

Hanina Hanina, Dailami Dailami, Tuti Herawati, Eva Margaretha Saragih, Wan Nurul Atikah Nasution

Abstract


 

Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Sei Alim Hasak, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Pengabdian yang mengangkat tema upaya membimbing keluarga dan masyarakat menuju keluarga mandiri ini bertujuan: (1) untuk memberikan bimbingan dan arahan menuju keluarga mandiri, (2) untuk membagi informasi kepada masyarakat secara luas tentang  upaya menuju keluarga mandiri, (3) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang upaya untuk membentuk keluarga mandiri. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Juni 2023. Metode yang dilakukan adalah metode Sosialisasi dengan rincian kegiatan yakni: penganalisaan situasi, penarikan data, melakukan diskusi internal, melakukan observasi, surat-menyurat, mempersiapkan agenda kegiatan, memberikan surat balasan ke desa tujuan. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan pemaparan materi dan diskusi yang dibawakan oleh tim pengabdian masyarakat, yaitu (1) Hanina, M.Psi., (2) Drs. Dailami, M.Pd., (3) Dra. Tuti Herawati, M.Pd., (4) Eva Margaretha Saragih, M.Pd., (5) Wan Nurul Atikah Nasution, M.Pd. Masyarakat menunjukkan kebutuhan yang besar atas informasi yang didapatkan dan berharap program-program lainnya berlanjut di desa ini. Pelatihan yang dilakukan oleh para tokoh masyarakat (Kepala Desa beserta jajarannya), pemuda, orang tua, peserta didik dan pendidik mampu menambah pengetahuan bagi kepala rumah tangga/ibu rumah tangga mengenai konsep keluarga mandiri.

 

Kata kunci: Keluarga Mandiri, Masyarakat Mandiri, Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. Ali. (1989). Merawat Cinta Kasih. Jakarta: Pustaka Antara.

Ali, M & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Anwar, Prabu Mangkunegara. (2015). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

B. Hurlock, Elizabeth. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan dalam Suatu Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

DEPKES. (1998). Pedoman Praktek Hematologi. Pendidikan Ahli Madya Analis Kesehatan. Bandung.

Friedman, M. (2010). Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Maryam, R. Siti, dkk. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Setiawati, A., Dermawan. (2008). Media Pembelajaran Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Gala Ilmu Semesta.

Parker, D.K. (2005). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Phillips, C. Thomas. (2000). “Family as the School of Love.” Makalah pada National Conference on Character Building, Jakarta, 25-26 Nopember, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.