PENDAMPINGAN PROMOSI DIGITAL PADA PELAKU UMKM DI DESA RAHUNING I KECAMATAN RAHUNING, KABUPATEN ASAHAN

Hilmiatus Sahla, Soleh Iskandar, Lorena Siagian, Ani Rosanti, Jesika Sianturi, Maya Indriani, Putri Ariqa, Jumiarsih Jumiarsih, Herman Sayuti, Tuti Oktaviani, Daffa Dwi Pramudya, Leli Agung Parwati, Cut Nurul Syafrina, Farhansyah Imtiyaz Hsb, Wulandari Wulandari

Abstract


Menjalankan bisnis UMKM memang membutuhkan kreativitas dan daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan. Kreativitas bisnis UMKM dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara pandang banyak pelaku bisnis terhadap manajemen. Ini tidak hanya menguntungkan perusahaan besar, tetapi juga departemen pemasaran perusahaan UMKM. UMKM di Desa Rahuning harus memiliki keterampilan dan kompetensi terkait kreativitas usaha. Dengan ini, Fakultas Ekonomi Universitas Asahan melalui pengabdian masyarakat di kantor desa Rahuning I, mengadakan pelatihan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di desa Rahuning I untuk meningkatkan kreativitas UMKM dalam pemasaran di dunia digital. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para Pelaku UMKM dalam menggunakan internet untuk kegiatan usaha UMKM mereka. Hal ini membentuk pengetahuan dan pemahaman UMKM Desa Rahuning I terkait keberadaan dan pengembangan teknologi informasi untuk optimalisasi bisnis, dan optimalisasi pengetahuan identifikasi riset pasar berbasis digital untuk peningkatan bisnis. Berharap untuk terhubung. Pengembangan dari UMKM di Desa Rahuning I.

 

Kata kunci: UMKM, Pemasaran Digital, Kreatifitas Bisnis

Full Text:

PDF

References


Ardyanto, D., Susilo, H., dan Riyadi. (2015). Efek ketenangan pikiran dan kepercayaan Penggunaan e-commerce dalam keputusan pembelian online (survei Konsumenwww.petersaysdenim.com). Jurnal manajemen dan Bisnis, 1-8.

Billionairecoach. (2018, 11 03). Konsep Dasar Tentang Manajemen Pemasaran & Strategi Marketing di Era Digital. Retrieved 11 05, 2019, from www.billionairecoach.co.id

Juanita, H. A., & Lestari, U. P. (2015). Tingkat Kepercayaan Konsumen dan Pemanfaatan e-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk e-Ticket Pesawat Octopus Travel Surabaya. e-Bis, 55-74.

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13.

Azmi, A. W. (2021). Peran Strategi Digital marketing dan Sosial Media.

Saragih, M. G., Manullang, S. O., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Era Digital. CV. Andalan Bintang Ghonim.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.