PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN 3R (REDUCE, REUSE, RECYCLE) TENTANG PEMANFAATAN BOTOL BEKAS SEBAGAI MEDIA TANAM UNTUK MENJADI PELUANG UMKM

Normansyah Normansyah, Candra Kusuma, Rahayu Budi Sahfitri, Siska Sasmitha, Sindi Sindi

Abstract


Menerapkan sistem 3R “Reduce, Reuse and Recycle” merupakan salah satu solusi yang terjangkau dan mudah diterapkan untuk menjaga lingkungan sekitar kita. Menerapkan 3R juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam pekerjaan sehari-hari. 3R terdiri dari Reuse, Reuse dan Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah untuk fungsi yang sama atau lainnya, mengurangi berarti mengurangi segala sesuatu yang menghasilkan sampah, dan mendaur ulang berarti mengubah sampah menjadi barang dan produk baru yang bermanfaat. Pengolahan (daur ulang) inilah yang menjadi perhatian KKN di Kabupaten Asahan, Kecamatan Rahuning, Desa Rahuning II.  PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dianggap menjadi wadah Masyarakat Desa yang dapat menjadi contoh untuk menerapkan sistem 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Sehingga nantinya dapat dicontoh oleh Masyarakat lain serta dapat menjadi peluang usaha bagi Masyarakat di Desa Rahuning II.

 

Kata kunci: 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle), PKM, PKK, Desa


Full Text:

PDF

References


Bawono, Icuk Rangga dan Erwin Setyadi. 2019. Optimierung des Dorfpotenzials, Indonesia. Jakarta: PT Gracind.

Sujono. 2017. Mengembangkan Potensi Masyarakat di Desa dan Kerlahan. Yogyakarta: penerbit yang dalam.

Warisno dan Cres Dahana. Inspirasi bisnis 2009 untuk membuat nata lagi. Jakarta: PT Agromedia Pustaka.

Arenti 2011. "Peningkatan Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dengan menggunakan pendekatan 3R (reduce, reuse, recycle) di lingkungan perumahan dari perspektif sosial ekonomi masyarakat. “Jurnal Rekonsiliasi 75–83.

Notoat modjo, Soekidjo. 2010. Gesundheitsverhaltenswissenschaft. Jakarta: PT Lineka Cipta.

Satori. 2007. “Daur Ulang, Solusi Mencegah Sampah.” Diakuisisi di Bandung (tersedia di www.mind-rakyat.com).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.