PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA ANAK DI DESA SUBUR

Rina Hayati Maulidiah, Anggie Novita, Dewi Sartika, Dwi Anisya Putri, Nita Nurzanah, Putri Rahayu, Renna Lania, Siti Nur Irfah, Sri Handayani, Suci Tia Melati

Abstract


Kegiatan bermain di rumah dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak dimana mereka dapat bergerak bebas serta menggunakan ragam media yang tersedia di rumah sehingga perkembangan anak dapat berkembang lebih optimal. Penelitian kualitatif menjadi metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrument kunci, dan hasil penelitin kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pendekatan ini digunakan agar dapat dipaparkan upaya pendampingan orang tua terhadap anak dalam menggunakan media digital secara mendalam. Kegiatan ini dirancang untuk mengukur keberhasilan pemateri agar dapat melaksanakannya. Keahlian serta pengetahuan dasar yang sudah dimiliki oleh anak akan terus berkembang ketika mereka mendapatkan ruang berekspresi, menjelajah dengan bebas dengan bantuan orang tua sebagai pengamat yang baik. Keterlibatan orang tua dalam pengontrolan penggunaan gadget anak juga sangat dibutuhkan, baik dalam bentuk motivasi, kasih sayang, maupun tanggung jawab. Para orang tua harus lebih berhati-hati terhadap resiko yang diakibatkan dari pemakaian gadget yang berlebihan. Tujuan penelitian ini, adalah untuk memahami peran orangtua dalam mendampingi anak, sehingga anak dapat memaksimalkan perannya dalam pendampingan untuk menjadikan generasi anak Indonesia yang unggul.

 

Kata Kunci : Pendampingan, Orang Tua, Teknologi Digital, Gadget, Anak

Full Text:

PDF

References


Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Iskandar, B., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2022). Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini dalam Menggunakan Media Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4192–4201. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2781

Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Media Digital Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316

Purbasari, Y. A., & Suryanto, S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Digital Native. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi UMBY, 38–48.

Wati, K. S., Sakir, M., & Mulyani, P. S. (2022). Peran Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi …, 2(1), 6–12. http://jurnalitp.web.id/index.php/jitp/article/view/19

Mariah, M., & Nurbaiti, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Sumber Informasi Pendampingan Terhadap Anak. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.36407/berdaya.v1i1.107

Maros, H., & Juniar, S. (2016). 済無No Title No Title No Title. 11(2), 1–23.

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143. https://repasitory.stikipsantupaulus.ac.id/122/1/Artikel-jurnal-missio

Atmojo, A. M., Sakina, R. L., & Wantini, W. (2021). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.