SOSIALISASI & EDUKASI PENGENALAN MANAJEMEN UMKM DI DESA SUBUR KECAMATAN AIR JOMAN OLEH KELOMPOK MAHASISWA KKNT-MBKM TAHUN 2022

Oktaviana Nirmala Purba, Nur’aini Nur’aini, Zikri Yanti Fatmala Sari

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. UMKM cenderung menggunakan sumber daya manusia yang ada di wilayah usahanya, misalnya di Desa Subur Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi masalah ketenagakerjaan. Beberapa permasalahan yang teridentifikasi di Desa Subur adalah kurangnya keahlian dan pengetahuan masyarakat UMKM mengenai pengelolaan operasional UMKM yang baik di bidang pemasaran, periklanan dan keuangan. Kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk mengenalkan manajemen UMKM akan diprioritaskan bagi pelaku UMKM di Desa Subur, Kecamatan Air Joman. Kegiatan pengabdian sosialisasi ini menggunakan metode pemaparan materi yang disampaikan oleh dosen Universitas Asahan yaitu Bapak Paisal Manurung, S.S., S.M.

 

Kata Kunci: Promosi, Sosialisasi, UMKM


Full Text:

PDF

References


Abd. Rohim dan Indra Kurniawan, “Manajemen Usaha dan Produksi Pada Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Carang Wulung Wonosalam”, Journal Of Community Service, Vol. 1 No. 1, Oktober 2017.

Anna Wijandari dan Neng Sumilah, “Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran di UMKM Kecamatan Cileungsi”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, Vol. 1, No. 1, Agustus 2021.

Tambunan, T. 2002. “Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting”. Jakarta: Salemba.

Kasmir. (2012). Kewirausahaan. PT Raja Grafindo Persada, cetak ke-7, 279.

Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). “Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap”. Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, Vol. 3, No. 2.

Usman, “Sosialisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.