DAMPAK UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA KLASTER KETENAGAKERJAAN HUBUNGAN ANTAR PERUSAHAAN DENGAN KARYAWAN DI DESA PRAPAT JANJI

Mangaraja Manurung, Emmi Rahmawita Nasution, Rahmat Rahmat, Rizky Hamsyah

Abstract


Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja merupakan bagian dari Omnibus law. Yang dimaksud dengan omnibus law ialah peraturan perundang-undangan yang diganti guna mencakup untuk seluruh atau satu undang-undang mengatur banyak hal. Penulis mengangkat judul ini dikarenakan, ingin mengkaji mengenai bagaimana dampak dari undang-undang cipta kerja dari klaster ketenagakerjaan hubungan antar perusahaan dengan karyawan. Omnibus law Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja pernah menjadi perbincangan umum karena ditolak oleh banyak kalangan di negara ini. Dan saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai undang-undang cipta kerja. Saat ini masyarakat hanya mengkonsumsi dari cerita orang. Saat ini negara kita seperti sumbu pendek, yang mudah dikompori dan dipropokatori dengan statment yang belom jelas kebenarannya.

 

Kata Kunci : Dampak, Ketenagakerjaan, Hubungan Industrial

Full Text:

PDF

References


Ahmad.Hunaeni.Zulkarnaen, Masalah Rawan Dalam Hubungan Industrial Dan Konsep Negara Kesejahteraan Indonesia, Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 2018.

Fadly Irmawan,.Human Capital Management,.Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Report; 2020”

“Fritjie Rumimpunu,.“Sistem Hubungan Industrial Pancasila.Di Indonesia Dengan Tenaga Kerja, Perusahaan Dilihat Dari Aspek (Undang-Undang Tenaga Kerja No.13 Tahun 2003),” Institut Agama Islam Ponorogo : Jurnal Hukum; 2021”

Kemsetneg RI, “Undang-Undang.Cipta Kerja,” Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, no. 052692 2020.”

Widdy Yuspita Widiyaningrum, MENUMBUHKAN NILAI KESADARAN PANCASILA DI KALANGAN GENERASI MUDA: KAJIAN TEORITIS, Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2019.”

“Zulkarnaen, Sistem Hukum Hubungan Industrial Pancasila Dan Produktivitas Perusahaan Dan Kesejahteraan Pekerja/Buruh.Jurnal Hukum. 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.