UPAYA MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN PKN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SECARA EFEKTIF
Abstract
Pengamatan menunjukan bahwa pembelajaran IPA dan PKn di kelas V SDN 010214 Tanah Merah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara mengalami beberapa penghambat atau permasalahan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya kurangnya motivasi belajar dan kurangnya pengunaan alat peraga sehingga hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi dan mengamati pelajaran yang terjadi di kelas dan Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan alat peraga. Objek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDN 010214 Tanah Merah terdiri dari 15 siswa dari hasil tindakan di peroleh Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 6,12 dan yang tuntas 53,3% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 7,26 dan yang tuntas 86,7% dan pada pelajaran PKn pada siklus I nilai rata-rata siswa 6,06 dan yang tuntas 33,3% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan drastis yakni nilai rata-rata menjadi 8 dan yang tuntas 100%.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Alat Peraga
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta:Jakarta.
C. Rogers, dalam lestari mikasa (2005). Pendidikan Anak di SD, : Jakarta : Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007) UU RI No 20 tahun 2006, Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, 2003. Pengantar Metode Researe, Bandung, Alumni.
Gagne dan R. Ibrahim (2007). Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka Jakarta.
Keeton and Tate, dalam sucianti (2005) Belajar dan Pembelajaran.,:Bandung Angkasa.
Haryanto (2007), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD, Tim bima Karya guru : Jakarta: Erlangga.
J. Brunner (2005), Tes Dan Asessmen Di SD, Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana., (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Thayeb (2006), Pendidikan Kewarganegaraan SD Kelas V, Jakarta: Erlangga.
Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka.
Wingkel, (2004) Teknologi Pembelajaran, Landasandan Aplikasinya, Rineka Cipta:Jakarta
Wardani dkk (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.