PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KERAJINAN SONGKET BATU BARA (Studi Kasus Pada Kelompok Kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen kerajinan Songket Batu Bara (studi kasus pada kelompok kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara).
Hasil penelitian analisis regresi linier berganda Y = -3,881 + 0,367 X1 + 0,728 X2-0,107 X3+ 0,268X4 + e. Dari hasil Uji F, diperoleh Fhitung sebesar 21,716 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan hasil Uji F, diperoleh Fhitung sebesar 28,815 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan Ftabel sebesar 2,48 dengan α 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan Terhadap Terhadap Loyalitas Konsumen Kerajinan Songket BatuBara (studi kasus pada kelompok Kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara), karena Fhitung> Ftabel (28,815 >2,48) signifikan penelitian > 0,05 (0.000 > 0,05). Hal ini berarti bahwa hasil penelitian menolak H0 dan menerima Ha. Dari hasil uji t (parsial) kualitas produk, harga, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen kerajinan songket batu bara (studi kasus pada kelompok kerajinan songket kenanga indah keamatan talawi kabupaten batu bara ), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen kerajinan songket.bahwa nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,556 atau sebesar 55,6%. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen Berpengaruh Terhadap Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan sebesar 55,6% sisanya sebesar 44,4% dijelaskan faktor lainnya.
Kata Kunci : kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Alma Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan ke delapan, Alfabeta, Bandung, Alih Bahasa Budianto jilid I, Bina Rupa Aksara, Jakarta 2005.
Griffin, Jil. Customer loyality : Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan Pelanggan,: Penerbit Erlangga, Jakarta 2005.
Jafar, Farida, M.E.Manajemen Jasa. Ghalia Indonesia Bogor, Kelompok Gramedia, Bogor, 2005
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Marketing Management, Edisi Pertama, Penerjemah : David Octarevia, Salemba Empat, Jakarta.; 2001.
.Manajemen Pemasaran , Edisi Millenium, Diterjemahkan : Benyamin Molan,Prenhallindo, Jakarta : 2008
, Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Jakarta : 2003.
, Keller Kevin Lane. 2003. Manajemen Pemasaran. Erlangga.Jakarta: 2003.
Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa: Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.
Mc. Cahrty, Jerome, E. Dan William D. Perreault, Jr. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kelima. Ahli Bahasa: Agus Dharma. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2003.
Swastha Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta., 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung, 2008.
, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Penerbit Alfabeta, Bandung, 2010
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi III, Andi, Yogyakarta. 2002
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i3.719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.