PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITASPELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KERAJINAN SONGKET BATU BARA (Studi Kasus Pada Kelompok Kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara)

Heri Prasuhanda Manurung

Abstract


 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas  produk,  harga,  promosi  dan  kualitas  pelayanan  terhadap  loyalitas  konsumen  kerajinan  Songket  Batu  Bara  (studi  kasus  pada  kelompok  kerajinan  Songket  Kenanga  Indah  Kecamatan  Talawi  Kabupaten  Batu  Bara).

                Hasil penelitian analisis regresi linier berganda Y = -3,881 + 0,367 X1 + 0,728 X2-0,107 X3+ 0,268X4 + e. Dari hasil Uji F, diperoleh Fhitung sebesar 21,716 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan hasil Uji F, diperoleh Fhitung sebesar 28,815 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan Ftabel sebesar 2,48 dengan α 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk, Harga, Promosi dan  Kualitas  Pelayanan berpengaruh secara simultan Terhadap Terhadap Loyalitas Konsumen Kerajinan Songket BatuBara (studi kasus pada kelompok Kerajinan Songket Kenanga Indah Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara), karena Fhitung> Ftabel (28,815 >2,48) signifikan penelitian > 0,05 (0.000 > 0,05). Hal ini berarti bahwa hasil penelitian menolak H0 dan menerima Ha. Dari hasil uji t (parsial) kualitas produk, harga, kualitas pelayanan  berpengaruh  terhadap loyalitas  konsumen  kerajinan  songket  batu  bara  (studi  kasus  pada  kelompok  kerajinan  songket  kenanga  indah  keamatan  talawi  kabupaten  batu  bara ), dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas  konsumen  kerajinan  songket.bahwa nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,556 atau sebesar 55,6%. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen  Berpengaruh Terhadap  Kualitas Produk, Harga, Promosi dan  Kualitas  Pelayanan sebesar 55,6% sisanya sebesar 44,4% dijelaskan  faktor lainnya.

 

Kata Kunci :        kualitas  produk,  harga,  promosi  dan  kualitas  pelayanan  dan  loyalitas  konsumen.


Full Text:

PDF

References


Alma Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan ke delapan, Alfabeta, Bandung, Alih Bahasa Budianto jilid I, Bina Rupa Aksara, Jakarta 2005.

Griffin, Jil. Customer loyality : Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan Pelanggan,: Penerbit Erlangga, Jakarta 2005.

Jafar, Farida, M.E.Manajemen Jasa. Ghalia Indonesia Bogor, Kelompok Gramedia, Bogor, 2005

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, Marketing Management, Edisi Pertama, Penerjemah : David Octarevia, Salemba Empat, Jakarta.; 2001.

.Manajemen Pemasaran , Edisi Millenium, Diterjemahkan : Benyamin Molan,Prenhallindo, Jakarta : 2008

, Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Jakarta : 2003.

, Keller Kevin Lane. 2003. Manajemen Pemasaran. Erlangga.Jakarta: 2003.

Lupiyoadi, Rambat, Manajemen Pemasaran Jasa: Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Mc. Cahrty, Jerome, E. Dan William D. Perreault, Jr. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kelima. Ahli Bahasa: Agus Dharma. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2003.

Swastha Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta., 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung, 2008.

, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Penerbit Alfabeta, Bandung, 2010

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi III, Andi, Yogyakarta. 2002




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i3.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.