Efektifitas Pendekatan Mengajar Dan Kemampuan Spiritual Guru-PAK dalam Meningkatkan Karakter Siswa SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Pendekatan Mengajar dan Kemampuan Spiritual Guru PAK, baik secara parsial maupun secara simultan, dalam Meningkatkan Karakter Siswa SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige, dengan hipotesis alternatif; terdapat pengaruh yang positif baik secara parsial maupun secara simultan, antara Pendekatan Mengajar, Kemampuan spiritual guru PAK dalam Meningkatkan Karakter Siswa SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh populasi yang berjumlah 24 orang dengan sampel 24 orang, dengan demikian seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, maka penelitian ini disebut penelitian populatif. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa Hipotesis alternatif diterima dan hipotesis null ditolak secara otomatis dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Pendekatan Mengajar Guru PAK (SMGPAK) dalam Meningkatkan Karakter Siswa SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige sebesar 3.877 (dibulatkan menjadi 3.88) dibandingkan dengan t-tabel (α,n-2) (0.05, 38) = 2.70 berarti t-hitung > t-tabel atau (3.88 > 2.02). 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kemampuan Spiritual Guru PAK (KSGPAK) dalam Meningkatkan Karakter Murid sebesar 4.425 (dibulatkan 4.43) dibandingkan dengan t-tabel (α,n-2) (0.05, 38) = 2.02, hal ini dapat diartikan banwa t-hitung > t-tabel atau (4.43 > 2.02). 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pendekatan Mengajar dan Kemampuan Spiritual Guru PAK secara simultan dalam Meningkatkan Karakter Siswa SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige dimana nilai F-hitung > F-tabel atau (18.98 > 8.59). Dengan demikian, karena begitu signifikanya Efektifitas Pendekatan Mengajar dan Kemampuan spiritual guru PAK dalam Meningkatkan Karakter Murid di SMPN-3 Satu Atap Jambu Dolok Balige baik secara parsial maupun secara simultan, maka dapat digeneralisasikan dan disarankan bagi para guru agar dapat mengelola dan menerapkan Pendekatan Mengajar yang tepat dan kontekstual serta Kemampuan spiritual yang sesuai dengan konteks sekolah dan kebutuhan para siswa di sekolah yang sedang ditangani, untuk menghasilkan siswa-siswa yang berkarakter baik sebagai output sekolah.
Kata Kunci: Pendekatan Mengajar, Kemampuan spiritual, Guru PAK, Karakter siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, Moch Idich. 2017. Kepemimpinan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi.2018.Prosedur Penelitian¬_Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Badriyah Fayumi, 2013. 2 November. KPA: 76 persen Kelas 4-6 SD Sudah Pernah Melihat Pornografi. Sinar Indonesia Baru.
Dimayanti Dan Mudjiono.2015.Belajar Dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta..
Harianto. 2012.Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini.Yogyakarta: Andi.
Gunarsa, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarsa, 2003 Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: BPK-GM.
Gunarsa, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarsa, 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK-GM.
Hamida, 2012. “Peningkatan Softskill Tanggung Jawab dan Displin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patisen”. Jurnal Pendidikan Karakter, Universitas Negri Yogyakarta Vol. 1 No 2, Juni.
Hamalik, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hardi, 2012. Kontribusi Softskill Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausahaan, Jurnal STIE VOl. 1 No. 2, Juli.
Hurlock, Erikson B. 2016. Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga
Iskandar, 2010. Pengaruh Hardskill Dan Softskill Terhadap Kecendrerungan Keinginan Pemilihan Bidang Kerja Melalui Kepercayaan Diri Mahasiswa. Kota Jember. Universitas Jamber Press.
Junihot S, 2016 Psikologi Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: ANDI.
Kristanto, Paulus Lilik 2006. Prinsip &Praktik Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: ANDI.
Kristianto L.P, 2008. Prinsip & dan Praktik Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: Andi.
Kristanto, Paulus Lilik 2014. Prinsip &Praktik Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta: ANDI.
Leigh, Ronal W, 2011. Melayani Dengan Efektif, Jakarta: BPK.
Lickona, T. 1993. The Return Of Charakter Education. http://www. ascd. Org/Publication/ education-leadership/nov93/Vol51/ No 03/ The Return-of-Character-Education. aspx. Magistra No. 101 Th September 2017 ISSN 0215-9511.
Lickona , Thomas. 2018. Education for character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
M.A. May, 1983. The Fundation Of Personlity Psikology Of Work, P.S Archillen: Mc Craw-Hill Book Company.
Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Nashir, Header. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan, Yogyakarta: Multi Presindo
Nuhamara Daniel, 2008. Pendidikan Agama Kristen Remaja (PAK), Bina Media Informasi
Nurdayanti, Basir. S.. 2014. Softskill vs Hardskill. Jakarta Timur: Kantor Akuntan Publik Syarief Basir dan Rekan.
Rusman, 2018. Model-model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali
Sarlito, W Sarwono, 2011 Psikologi Remaja, Jakarta: Rajawali Pers
Sidjabat B.S. 2017. Membangun Pribadi Unggul,, Yogyakarta: ANDI.
Slameto.2010.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.
Soerjono, Soekanto. 2017. Psikologis Remaja Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Stephen Tong, 1995. Seni Membentuk Karakter Kristen, Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.
Stehepen Thong. 2010. Arsitek Jiwa II. Surabaya: Momentum. Diunduh dari: http://www.wartasejarahblogspot.com
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v9i2.4583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.