KONSEP PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Abstract
Penilitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pemasaran menurut cendikiawan muslim yang merupakan pakar ekonomi islam. Metode analisis data yang digunakan yaitu secara kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemasaran dalam perpektif ekonomi islam, yang dapat disebut juga konsep pemasaran syariah, dalam aktivitasnya sama halnya dengan konsep pemasaran konvensional, yaitu dalam kegiatan bisnis, namun yang membedakan adalah pada nilai-nilai prinsip yang dilakukan, mashlahah yang didapatkan tidak sekedar dikarenakan aktivitas bisnis dijalankan sesuai dengan prinsip islam, namun pemasar juga harus memiliki etika (akhlak) sesuai dengan kreteria yang terdapat dalam Al-qur’an dan hadist, untuk mewujudkan tujuan dari pemasaran tersebut, pencapaian tujuan untuk mendapatkan falah.
Kata Kunci : Konsep Pemasaran, Ekonomi Islam
Full Text:
PDFReferences
Tamamudin, (2014). Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 12, Nomor 2, ISSN (p) : 1829-7382. http: //e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/jhi
Philip Kotler, (1997), Marketing Management., ahli bahasa Hendra Teguh. Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi
Muhammad Anwar Fathoni, (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam.Jurisdictive: Jurnal Huku dan Syariah Volume 9, Nomor 1, E-ISSN: 2407-7305
Peter Salim dan Yenny Salim, (2008).Kamus Bahasa Indonesia
Kontemporer. Jakarta: Modern English Press
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerja sama dengan Bank Indonesia, (2008). Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, (2008), Syari'ah Marketing, Cetakan Ke 4. Jakarta : PT Mizan Pustaka
Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, (2006) ), Syari'ah Marketing, Cetakan Ke 3. Jakarta : PT Mizan Pustaka
Ahmad Miftah, (2015), Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Islamiconomic Jurnal Ekonomi Islam Volume 6. P-ISSN: 2085-3696; E-ISSN: 2541-4127
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i2.452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.