PENGARUH FITUR, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE VIVO PADA NANDO PONSEL JLN. COKROAMINOTO KISARAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Fitur, Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo Pada Nando Ponsel Jln. Cokroaminoto Kisaran. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji simultan, uji parsial dan uji koefisien determinasi. Jumlah sampel sebanyak 96 konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan uji simultan maka diperoleh dengan nilai nilai Fhitung sebesar (111,966) dibandingkan dengan nilai Ftabel 2,70 atau Fhitung > Ftabel, dan sig (0,000) < 5% (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa Fitur (X1), Brand Image (X2) dan Persepsi Harga (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Handphone Vivo Pada Nando Ponsel Jln. Cokroaminoto Kisaran. Sedangkan nilai thitung variabel Fitur (X1) sebesar (3,689) > ttabel (1,985) dengan nilai signifikan untuk 0,000 < alpha 0,05. Dapat disimpulkan H2 diterima dan H0 ditolak. Maka secara parsial Fitur (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) handphone Vivo Pada Nando Ponsel Jln. Cokroaminoto Kisaran. Nilai thitung variabel Brand Image (X2) sebesar (2,372) > ttabel (1,985) dengan nilai signifikan untuk 0,020 < alpha 0,05. Dapat disimpulkan H2 diterima dan H0 ditolak. Maka secara parsial Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) handphone Vivo Pada Nando Ponsel Jln. Cokroaminoto Kisaran. Nilai thitung variabel Persepsi Harga (X3) sebesar (5,703) > ttabel (1,985) dengan nilai signifikan untuk 0,000 < alpha 0,05. Dapat disimpulkan H2 diterima dan H0 ditolak. Maka secara parsial Persepsi Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) handphone Vivo Pada Nando Ponsel Jln. Cokroaminoto Kisaran. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah (Adjusted R Square) sebesar 0,778 atau sebesar 77,8%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Fitur, Brand Image dan Persepsi Harga sebesar 22,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak di teliti didalam model penelitian ini.
Kata Kunci : Fitur, Brand Image, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
Aprillia Darmansah, Sri Yanthy Yosepha, “Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur.”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, Volume 1 Nomor 1 November 2020
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Reneka Cipta, Jakarta.
Bungin, Burhan. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers .
Didik, G. 2022. Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social media marketing (B. Nasution ed: Pertama) Tebing Tinggi : PT. Inovasi Pratama Internasional.
Fadhilatul Aini Tabar, Herdian Farisi, “Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity
Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Konsmetik.”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, Volume 2 Nomor 1 Juni 2023.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Statisfaction. Yogyakarta : Andi.
Herlan Helambang, Mumuh Mulyana, Febry Lodwyk Rihe Riwoe, “Pengaruh
Citra Merek, Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Bogor.”, Jurnal Informatika Kesatuan, Volume 2 Nomor 2 Juli 2022.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS 25, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Surabaya.
Karen, et. al. 2013. “Factors Affecting Smartphone Purchase Decision Among
Malaysian Genertion Y”. (International Journal Of Asian Social Science), 2013.
Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin. 2016. Marketing Management (15 th Ed.). London: Pearson Education Limited.
Setijani, E., & Sugito, P. 2021. Manajemen bisnis: Three Pillars of Business Approach. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Suharso, dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Supranto, Limakrisna, Nandan. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, Cetakan ke-20, Alfabeta, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v10i2.4511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.