Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model Think Talk Write di Tanjungbalai

Bambang Gulyanto .

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model Think Talk Write di Tanjungbalai”. Subjek dalam penelitian ini adalah: Mata pelajaran Bahasa Indonesia Subtema Menulis Pantun, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas V SD IT Darul Fikhri Kota Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2023/2024. Penerapan model cooperative learning model Think Talk Write dilakukan sesuai dengan langkah-langkah model tersebut. Hasil belajar siswa dapat ditingkat dengan menggunakan model Think Talk Write, yaitu dari dari 25 orang siswa yang mencapai KKM 70 pada prasiklus sebanyak 9 orang (36%) meningkat pada siklus 1 menjadi 17 orang (68%) dan meningkat lagi pada sikjlus 2 menjadi 25 orang (100%). Nilai rata rata siswa juga turut meningkat yaitu pada prasiklus 60, meningkat pada siklus 1 menjadi 74,70 meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 82,40. Penggunaaan model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia subtema Menulis Pantun di kelas V SD IT Darul Fikhri Kota Tanjungbalai. Model Think Talk Write yang digunakan telah membuat siswa menjadi aktif dan suasana pembelajaran membuat lebih menyenangkan.

Kata Kunci: Perbaikan, Bahasa Indonesia, Think Talk Write.


Full Text:

XML

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2017) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arista, Ni Luh Putu Yuni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran think Talk Write Berbasis Literasi Terhadap keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elemntary Education. Volume 3 No.3 Agustus 2019.

Haryanto (2017) Bahasa Indonesia SD untuk Kelas V. Jakarta: Erlangga.

Hernawan (2017). Perkembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hull (2018), Pelajaran dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Isniarni (2019) penelitiannya berjudul peningkatan keterampilan menulis pantun dan syair dengan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas V MI Ma”arif Canrrom Godean. Al-Bidayah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Volume 10 Nomor 01, Juni 2018. e-ISSN.2085-0034. p-ISSN.2549-3388.

Pribadi, Benny A (2019) Model Desain System Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Suhardjono. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Bumi Aksara.

Sriyanto (2018) penelitiannya berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Dengan Metode Penggunaan Sentence. Jurnal Ilmiah Edunomika. Jurnal.stie-ass,ac.id.

Resnani (2021). Meningkatkan kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. JPGSD: Jurnal ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ejurnal.unib,ac.id. Universitas Bengkulu.

R. Hidayani (2018). Kemampuan Menulis Pantun oleh Siswa Kwelas VII SMP Swasta Al-Ihsan Medan. Jurnal Bahasa. Jurnal unimed.ac.id. https://jurnal.unimed.ac.id

Trianto. (2019) Mendasai Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v9i2.3755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.