UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI KOOPERATIF THINK, PAIR, SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SDN 010214 TANAH MERAH

Irwansyah Irwansyah, Suriati Suriati, Tri Harsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi dan mengamati pelajaran yang terjadi di kelas dan Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model koopertif Think, Pair, Share .objek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 010214 Tanah Merah.yang terdiri dari 40 siswa. Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 64,28 dan yang tuntas 55% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata  siswa memningkat signifikan menjadi 80 dan yang tuntas 96%.hal ini menyatakan bahwa pengunaan model kooperatif Think, Pair, Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Koopertif, Hasil Belajar, TPS

Full Text:

PDF

References


Abdurahman (2009). Belajar Mengajar, Rineka Cipta: Jakarta.

Arend(2005) Belajar dan Pembelajaran.,:Bandung Angkasa.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007) UU RI No 22 tahun 2005, Jakarta:Depdiknas.

Dimyati, 2006. Pengantar Metode Researe, Bandung, Alumni.

Haryanto (2007), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD, Tim bima Karya guru :Jakarta Erlangga.

S.Nasution (2002), Strategi Belajar Mengajar MIPA, Universitas Negeri Malang, Malang.

Slameto, 2010. Belajar dan Fakto-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. 5. PT Rineka Cipta: Jakarta.

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Ed. rev, cet. 6. Tarsito: Bandung.

Sudjana, N.,2008, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suprijono(2010), Cooperatif Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani dkk (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v9i2.3668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.