MENINGKATAN IMPLEMENTASI PROGRAM DI SEKOLAH ADIWIYATA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ANAK USIA DINI

Uranus Zamili ,

Abstract


ABSTRAK

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu pendidikan kristen anak usia dini yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak secara nilai-nilai pendidikan kristen. Oleh karena itu PAUD memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal, atas dasar ini sekolah PKAUD perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti perkembangan  moral, kognitif, bahasa, sosial, emosional, fisik dan motorik. Secara institusional, Pendidikan Anak Usia Dini juga dapat diartikan sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan baik kordinasi motorik halus dan kasar, kecerdasan emosional, kecerdasan jamak (multiple inteligences) dan kecerdasan spiritual. Pendidikan kristen Anak Usia Dini adalah suatu upaya yang dapat ditunjukan kepada anak sejak mulai lahir sampai dengan dewasa yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan nilai-nilai kristiani untuk membantu perkembangan pertumbuhan jasmani dan spiritualitas agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut atau dimasyarakat luas. Belajar merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi, tempat dan lingkungan belajar yang nyaman akan memudahkan anak untuk berkonsentrasi dalam meraih pendidikan kristen yang layak untuk PKAUD, TK. Dengan mempersiapkan lingkungan belajar yang tepat, anak akan merasa nyaman dan tenang menikmati proses belajar yang dilakukan.

 

Key word: Paud, anak, kristiani


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Hasnun, Mengembangkan Sekolah Efektif (Modal Untuk Cakep dan Kepsek), (Yogyakarta: Datamedia, 2010), hlm.84

Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017), hlm. 115.

Bredekamp, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT Indeks, 1998), hlm. 30-31.

E- Jounal: Tri Rismawati., Efektivitas Program Adiwiyata Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta

Hamzah B,Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM ( Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011), hlm. 10.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif ( Yogyakarta: CTSD Center for Teaching Staff Developmen, 2002).

Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM ( Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011), hlm. 76.

Hamzah B.Uno dab Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM ( Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011 , hlm. 152.

Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011,) hlm. 173.

Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran (Depok: Sleman, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media,2016), hlm. 75.

Ibid.hlm. 5

Ibid. Hlm. 27

Ibid., hlm. 57

Ibid, hlm. 15.

Mohammad Mustari, Manajemen Pendidikan, hlm. 88

Oemar Hamalik, Kurikulum dan




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v9i1.3302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.