MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104218 DESA SIDOMULIYO KECAMATAN BIRU BIRU
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA dengan materi Peristiwa Alam di Indonesia di kelas V SD Negeri 104218 Desa Sidomuliyo Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti adalah lembar Observasi dan Tes.Hasil Penelitian Pada saat siklus I nilai rata-rata siswa 60,60 dan yang tuntas 60,73% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 79,10 dan yang tuntas 96,5% .
Kata Kunci : Talking stick, Model, IPA
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta:Jakarta.
Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang mendidik. PT Asdi Mahasatya.
Imas Kurniasih dan Berlin Sani. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Ed.3 Medan: Media Persada.
Jasman Jalil. 2014. Paduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Gagne dan R. Ibrahim (2007). Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka Jakarta.
Sudijono. A., (2009), Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sudjana., (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Suprijono, A., (2010), Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v9i1.3230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.