PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS YOUTUBE PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR MATEMATIKA DENGAN BERBANTUAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis youtube yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah R&D model 4D, meliputi: (1) define yang mendefinisikan masalah, solusi dan kebutuhan. Fakta yang diperoleh dari studi lapangan ialah mahasiswa kesulitan dalam belajar matakuliah hitungan dengan pembelajaran online. Kemudian dilakukan analisis kebutuhan untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis youtube untuk melengkapi fitur LMS yang disiapkan kampus. Selanjutnya dilakukan studi pustaka berkaitan dengan pengembangan media; (2) design membuat media pembelajaran berbasis youtube, membuat instrumen, menyusun pedoman penggunaan; (3) development, terdiri dari validasi expert, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil; (4) disseminate, menerapkan media di mata kuliah konsep dasar matematika. Berdasarkan tahapan penelitian tersebut, media pembelajaran berbasis youtube memenuhi kriteria kevalidan yang meliputi aspek tampilan, kepraktisan, dan aspek pedagogi. pembelajaran berbasis youtube dikatakan efektif karena hasil penilaian respon mahasiswa yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan aspek praktis respon mahasiswa berada pada kategori sangat baik dan jika diinterpretasikan berada pada kategori praktis. Media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan sinkron digunakan di era pandemi Covid-19. Media pembelajaran berbasis youtube dapat dijadikan referensi pengelolaan pembelajaran menyenangkan, memotivasi, dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Dian, K., & Sri, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Volume 4 No. 1,Maret 2017 ISSN: 2355-3782, 4(1), 38–50.
Gocaz, L. (2021). Pembelajaran Metode Lemas Gocaz pada Masa Pandemi Covid-19 Nina Dwi Suryani SMA Negeri 1 Porong , Sidoarjo Abstrak Peningkatan Kreativitas dan Efektivitas Pembelajaran Metode Lemas Gocaz pada Masa Pandemi COVID-19 Pendahuluan COVID-19 terdeksi masuk Indon. 1, 154–161.
Sam E.N (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, Vol.5
Suworno. M (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Mathematic education Jurnal. Vol.1
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.