PENGARUH METODE BIMBINGAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PERUBAHAN POSITIF ANAK BERMASALAH SISWA/I SMP SWASTA YAYASAN PERGURUAN NASIONAL ETISLANDIA MEDAN

R.L. Holmes Parhusip, Irwansyah Irwansyah, Rinci Simbolan, Buga Habehaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bimbingan berfikir logis terhadap perubahan positif anak bermasalah siswa SMP Yayasan Perguruan Tinggi Nasional Etislandia Tahun Pembelajaran 2020/2021.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Yayasan Perguruan Tinggi Nasional Etislandia Tahun Pembelajaran 2020/2021 dan sampel dalam penelitian ini adalah 90 siswa SMP Yayasan Perguruan Tinggi Nasional Etislandia.Metode yang digunakan adalah berbentuk Kualitatif dengan menggunakan Angket Tanya jawab dan hasil dalam penelitian ini dalam hal Prestasi Belajar adalah 83,90 dan Standart Deviasinya 7,50 yang menunjukan ada Perubahan Positif bagi siswa. Dan untuk Minat Belajar rata rata nilai siswa adalah 85,98 dengan Standart Deviasi 93.48.dan untuk Motivasi Belajar Nilai rata – rata siswa adalah 75,18 dan Standart Deviasinya 8,62  dan Berpengaruh Signifikan.

 

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Minat Belajar , Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Pangaribuan Parlin, dkk, Perkembangan Peserta Didik, Medan : FKIP UNIMED, Medan, 2000.

Semiawan, Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah, Jakarta: Gramedia, 1982.

Surahmad, Pengantar Interaksi Belajar, Bandung : Tarsito, 1984.

Terry George, R. Principles of Management, Illones : Richard D. Irwin., Inc. 1977.

Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi belajar, Jakarta : Gramedia, 1988.

Yayasan Perguruan Nasional Etislandia Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.