PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM BELAJAR KIMIA DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Silvia Septhiani, Anik Pujiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh pengajar selama masa pembelajaran daring . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah kimia dasar 1 semester ganjil tahun ajaran 2021/2020 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA), Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran media video melalui youtube membantu mahasiswa dalam belajar dan memahami materi. Mahasiswa merespon baik terhadap media video pada pembelajaran kimia yaitu sebesar 83,33%, sedangkan yang merespon kurang baik sebesar 16,67%. Video pembelajaran youtube mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian di dapat data sebanyak 54.17% pada kriteria baik, 20.83 % sangat baik dan 33.33% dalam kategori cukup.

 


Full Text:

PDF

References


Agustini, Ketut., Ngarti, Jero Gede. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran. Vol 4(1)

Ammy, Putri Maisyarah., Wahyuni, Sri. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran jarak Jauh (PJJ). Jurnal Matematics Paedagogic. Vol V (1).

Anggraini, Reni. 2021. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring. Unit Kegiatan Mahasiswa Menulis. Universitas Negeri Malang http://penulis.ukm.um.ac.id/pemanfaatan-youtube-sebagai-media-pembelajaran-daring/(diakses pada 15 November 2021)

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajarn Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.

Elmirawati, Daharnis, Syahniar. (2013). Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2 No 1 hal 1-7

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ 20150214143544-185-32127/Youtube-dalam-angka-angka

Laminto, Niko., dan Tutiasri, Ririn. (2020). Pemanfaatan Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19.

Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies from theory to practice 2nd edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Mujianto, Haryadi. 2019. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Universitas Garut. Vol 5 No 1 Hal 135-159.

Narimawati, U. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori, Aplikasi. Bandung. Agung Media.

Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sumber Belajar Fisika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2) 83-90.

Syaparuddin, Syaparuddin., Elihami, Elihami. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal . Vol 1(1).

Widya, Sari., Rifki, Andi., Karmila, Mila. 2020 Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Mappesona Vol 3 No 2




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.