ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN SKRIPSI ONLINE SELAMA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS QUALITY

Hasni Suciawati, Siti Rakiyah

Abstract


Penelitian ini, memiliki tujuan untuk melihat kendala- kendala yanga dihadapi  dalam pengerjaan bimbingan skripsi selama pandemi covid 19 dan merancang penyelesaian pemecahan masalah dalam bimbingan skripsi secara online selama pademi COVID-19 bagi mahasiswa PGSD di Universitas Qulaity. Metode penelitian ini menggunakan metode deskrptif kulaitatif  dengan mengajukan instrumen penelitian yaitu angket yang terdiri dari 17 pertanyaan kepada 8 mahasiswa yaitu mahasiswa Bimbingan peneliti Sendiri di jurusan PGSD Universitas Quality pada tahun 2021 . Berdasarkan hasil penelitian ada 81% dari 8 mahasiswa kurang efektif konsultasi menggunakan metode daring ini.untuk kendala dalam peneltian ini seperti pelaksanaan dukungan dan motivasi dalam pengerjaan skripsi online , kemudian mahasiswa kurang memahami isi materi orientasi yang disampaikan oleh pihak dosen dan fakultas. Adapun pemecaham dari masalah sebelumnya yang telah dilaksanakan yaitu mahasiswa lebih sering berkomunikasi dengan dosen pembimbing dengan memanfaatkan serta mengkombinasikan beberapa aplikasi yang dapat lebih mendukung seperti zoom, google meet, whatsapp, email demi terlaksananya bimbingan skripsi secara  kondusif.

 

Kata Kunci: Skripsi, Online, Kendala, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Albetus Adit. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! [https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring- kerjasama-kemendikbud- gratis?page=all]. (diakses Kompas.com-22/03/2020, 12:32 WIB).

Choiroh, Nisaul. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa [https://iain- surakarta.ac.id/%EF%BB%BFefe ktifitas-pembelajaran-berbasis- daring-e-learning-dalam- pandangan-siswa/], (Diterbitkan tanggal 23 Juni 2020)

Giga Tekno. (2020). Cara mudah Edit Video Dengan Wondershare Filmora. [https://www.thecadaz.com/2020/ 09/cara-edit-video-dengan- wondershare filmora.html] (diakses pada tanggal 17/09/2020, 11:11 WIB)

Mw. Dariyadi, 2016. Penggunaan Software Camtasia sebagai media pembelajaran.http://prosiding.arab.com/index.php/konasbara/article/ download/62/55]

V Eko Junianto. 2017. Pengembangan media video untuk pembelajaran video menggunakan software Wondershare Filmora [http://eprints.ums.ac.id/57697/31/NASKAH%20PUBLIKASI%20%281%29.pdf]

Yantina Debora. 2020, SE Dikti: Masa Belajar Diperpanjang 1 Sementer Akibat Corona. [https://tirto.id/se- dikti-masa-belajar-diperpanjang- 1-sementer-akibat-corona-eKqH. Update Corona 12 April: 4.241 Positif, 373 Meninggal, 359 Sembuh] (diakses pada tanggal 4 April 2020).




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.