ANALISA KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPISAN PERMUKAAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus : Jalan Gatot Subroto, Kel. Sentang, Kec. Kota Kisaran Timur)

Alexander Tuahta Sihombing Ferry Anderson Sihombing

Abstract


ABSTRAK
Jalan merupakan infrastruktur yang disediakan pemerintah untuk mempermudah mobilitas masyarakat
dalam kegiatan sosial dan ekonomi. Dengan adanya jalan ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan
pertumbuhan ekonomi disuatu negara. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kualitas jalan agar pengendara
yang akan melewati jalan tersebut merasa aman dan nyaman, selain itu tingkat prekonomian juga akan semakin
meningkat. Ruas Jalan Gatot Subroto Kelurahan Sentang Kecamtan Kisaran Timur yaitu yang dimulai dari Tugu
Selamat Datang Kota Kisaran sampai dengan Simpang Pasar Mereng dengan panjang 1,5 Km mengalami
kerusakan ringan dan sedang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan pada
permukaan jalan dan memberikan solusi perbaikan pada jalan tersebut. Metode analisa yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode PCI (Pavement Condition Index). Penelitian ini akan dilakukan dengan cara survei
langsung kelapangan dan mengukur luas kerusakan dan menentukan jenis kerusakan. Luas kerusakan yang terjadi
adalah 337,313 m2. Jenis kerusakan yang ditemukan pada penelitian ini adalah retak kulit buaya, amblas,
terkelupas, tambalan, berlubang, sungkur, retak memanjang, kegemukan, dan retak kotak-kotak. Berdasarkan
analisa yang dilakukan kondisi jalan Gatot Subroto tergolong sangat baik (very good) dengan nilai PCI yaitu
72,13. Maka alternatif perbaikan jalan yang sesuai dilakukan pada rusa jalan tersebut adalah penambahan lapisan
(overlay).
Kata Kunci : Kerusakan jalan, PCI (Pavement Condition Index)
ABSTRACT
Roads are infrastructure provided by the government to facilitate community mobility in social and
economic activities. With this road is very influential on increasing economic growth in a country. Therefore,
it is necessary to improve the quality of the road so that motorists who will pass the road feel safe and
comfortable, besides that the economic level will also increase. The Gatot Subroto Road Section of Sentang
Sub-District of East Kisaran District, which starts from the Welcome City of Kisaran City to the Mereng
Market Intersection with a length of 1.5 Km, suffered mild and moderate damage. The purpose of this study
is to determine the type of damage to the road surface and provide repair solutions on the road. The
analytical method used in this study is the PCI (Pavement Condition Index) method. This research will be
conducted by directly surveying the spaciousness and measuring the extent of damage and determining the
type of damage. The area of damage that occurred was 337,313 m2. The types of damage found in this study
were crocodile skin cracks, collapsed, peeling, fillings, holes, slumps, elongated cracks, obesity, and cracked
boxes. Based on the analysis carried out the condition of the Gatot Subroto road is classified as very good
with a PCI very good of 72,13. Then an alternative road repair that is appropriate for the deer is to add a
layer (overlay).
Keywords : Road damage, PCI (Pavement Condition Index)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A, Sirait, Ray, Bernad., A.S, Syafruddin.,

Sulandari Eti. (2017).

Austroads., 1987 , A Guide to the Visual

Assesment of Pavement Condition,

Sydney.

Bina Marga. 2013. Manual Desain

Perkerasan Jalan Nomor

/BM/2013. Jakarta: Kementrian

Pekerjaan Umum Direktorat Jendral

Bina Marga.

Bolla, M. E. (2012). Perbandingan Metod

Bina Marga dan Metode PCI

(Pavement Condition Index) Dalam

Penelitian Kondisi Perkerasan Jalan

(Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang,

Kota Malang). Jurnal Teknik Sipil,

(3), 104–116. Mendeley.

Christadi Hardiyatmo Hary. 2007.

Pemeliharaan Jalan Raya.Gadjah

Mada University Press.

Departemen Pekerjaan Umum. (1995).

Manual Pemeliharan Rutin jalan

Nasional dan Jalan Provinsi. Jakarta

: Direktorat Jendral Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005).

Perencanaan Geometrik Jalan, No

RDE-10. Jakarta :Direktorat Jendral

Bina Marga.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005).

Perencanaan Perkerasan Jalan, No

RDE-11. Jakarta :Direktorat Jendral

Bina Marga.

Direktorat Pekerjaan Umum. (1990).

Tata Cara Penyusunan Program

Pemeliharaan Jalan Kota. No.

/BNKT/1990. Jakarta :Direktorat

Jendral Bina Marga.

Kabupaten Asahan Dalam Angka,

Asahan Regency in Figures,

,BPS Kabupaten Asahan.

Peraturan Pemerintahan Republik

Indonesia Nomor 34 Tahun 2006

tentang Jalan Raya.

Saodang Hamirhan. 2005. Perancangan

Perkerasan Jalan Raya. Bandung.

Nova Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.