PENERAPAN MODEL CHALLENGE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dalam meningkatkan literasi
lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest design, dengan sampel
mahasiswa pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup. Dari hasil analisis diperoleh rerata
N-gain 0,82 dan effect size 2,6, maka keduanya masuk dalam kategori tinggi. Hasil uji analisis
paired sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan literasi lingkungan sebelum dan
sesudah penerapan pembelajaran challenge based learing, sehingga dapat disimpulkan
penerapan model pembelajaran challenge based learning efektif dapat meningkatkan literasi
lingkungan.
Kata Kunci : challenge based learning , literasi lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Cohen, J. 1988. Statistical Power Analysis
for the Behavioral Sciences. Hillsdale,
NJ: Lawrence Earlbaum Associates.
Environmental Literacy Task Force. (2015).
A blueprint for environmental
literacy: Educating every student in,
about, and for the environment.
Redwood City: Californians
Dedicated to Education Foundation.
Farwati, Ratna, dkk. Potret Literasi
Lingkungan Mahasiswa Calon Guru
Kimia Di Universitas Sriwijaya.
Journal of Science Education And
Practice. 1 (1) 1-8.
Farwati, Ratna. dkk. Integrasi Problem
Based Learning dalam STEM
Education Berorientasi pada
Aktualisasi Literasi Lingkungan dan
Kreativitas. Prosiding Seminar
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2230
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.