PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA KELAS V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang penggunaan media WhatsApp
pada pembelajaran jarak jauh di kelas V SD dan mengkaji apa saja kesulitan yang
diperoleh selama masa pembelajaran dengan media WhatsApp. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan evaluasi. Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa siswa dan guru sudah
memanfatkan kemajuan teknologi diantaranya penggunaan media WhatsApp pada
pembelajaran. Semua fitur dalam aplikasi WhatsApp bisa dimanfaatkan semaksimal
mungkin. Selain beberapa kemudahan yang diperoleh ditemukan beberapa rintangan atau
hambatan, yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi, adanya gangguan jaringan
internet, hilangnya interaksi antara guru dan siswa setera langsung dan perbedaan tipe
handphone yang menyebabkan kendala dalam penerimaan materi, sehingga sangat
disarankan untuk merancang pembelajaran yang lebih variatif sehingga siswa dapat
memahami materi yang disampaikan selama proses pembelajaran daring.
Kata Kunci : Media WhatsApp, pembelajaran, daring
ABSTRACT
This study aims to describe the use of whatsapp media in distance learning in grade V SD
and examine what difficulties were encountered during the learning period using
WhatsApp media. This research uses descriptive qualitative research methods. Data
obtained through interviews, observation and evaluation. From the research results, it is
shown that students and teachers have taken advantage of technological advances,
including the use of WhatsApp media in learning. All the features in the WhatsApp
application can be used as much as possible. In addition to some of the conveniences
obtained, several obstacles or obstacles were found, namely the difficulty of students in
understanding the material, the presence of internet network disruptions, the loss of
interaction between teachers and students directly equal to the difference in types of
cellphones which caused obstacles in receiving the material, so it is highly recommended
to design more learning. varied so that students can understand the material presented
during the online learning process.
Keywords: WhatsApp media, learning, online
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Kemendikbud.2020. Pencegahan Corona
Virus Disease (Covid-19) di
Satuan
Pendidikan. Jakarta:
Kemendikbud
Moleong, J.L. 2017. Metode penelitian
kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil
Proses Belajar
Mengajar.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Permendikbud.2013. Standar
Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta:
Permendikbud.
Pribadi, M.A., & Benny, A.2017. Media
dan Teknologi dalam
Pembelajaran. Jakarta:
Prenadamedia Group.
B. Artikel Jurnal
Anwar dan Riadi. 2017. Analisis
Investigasi Forensik WhatsApp
Messenger Smartphone Terhadap
Wahtsapp Berbasis Web. Jurnal
Ilmu Teknikelektro Kompuer Dan
Informatika.Vol.3(1). 2-10.
Jumiatmoko.2016.WhatsApp Messenger
Dalam Tinjauan Manfaat Dan
Adab. Wahana Akademika. Vol 3
(1). 52-66
Pane & Dasopang.2017. Belajar Dan
Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmuilmu
Keislaman. Vol.3(2). 333-
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.