PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KONSEP PENETRASI PASAR DI KABUPATEN ASAHAN (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER DI KECAMATAN KISARAN TIMUR.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Media Sosial (facebook, instagram, blackberry messenger, dan twitter) terhadap Konsep Penetrasi Pasar. Teknik sampel yang digunakan adalah metode sensus yang berarti seluruh populasi yang ada digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi dan sampel yang digunakan adalah 106 orang pedagang kuliner Kecamatan Kisaran Timur yang tersebar di 12(dua belas) Kelurahan.
Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisi kuantitatif meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpertasi dari data – data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan Media Sosial (facebook,instagram,blackberry messenger, dan twitter) berpengaruh secara signifikan terhadap Konsep Penetrasi Pasar pada Pedagang Kuliner di Kecamatan Kisaran Timur pada signifikansi kurang dari 5% yaitu (0,000 < 0.05). Sedangkan dalam pengujian secara parsial Media Sosial (facebook,instagram,blackberry messenger dan twitter) berpengaruh secara signifikan terhadap Konsep Penetrasi Pasar pada pedagang kuliner di Kecamatan Kisaran Timur. Hal tersebut dapat dilihat dari variabel facebook thitung > ttabel (6,017 > 1,983) variabel instagram thitung > ttabel (4,440 > 1,983) variabel blackberry messengger thitung > ttabel (3.720 > 1,983) variabel twitter thitung > ttabel (5,984 > 1,983). Besarnya pengaruh dari keempat variabel tersebut terhadap konsep penetrasi pasar adalah sebesar 76% sebagaimana ditunjukkan dalam Adjusted R Square sisanya 24% dijelaskan oleh faktor lain yang tak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Media Sosial, Penetrasi Pasar
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
_______, Basu dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:
Liberty.1997
Boyd, Walker. (2000). Manajemen Pemasaran. Ciracas - Jakarta: ERLANGGA.
Danis, Puntoadi. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media,. Jakarta:
PT. Elex Komputindo.
Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta CV.
Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gurnelius. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. United State: McGraw-Hill.
Jauch, Lawrence. (2001). Manajemen Strategik dan Kebijakan Perusahaan . Jakarta: Erlangga.
Juliandi, Azuar. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan: M2000.
Kartajaya, Hermawan. (2010). Konsep Pemasaran . Ciracas,Jakarta : ERLANGGA .
Kasali, Rhenald. (2012). Cracking Value. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Khotijah, Siti. Persaingan Pasar Global. Bandung : Penerbit Alfabeta.2004
Kotler, Philip., & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2 (terjemahan). England: Erlangga.
Kuncoro, Mudrajat. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Prof. Sukardi, PhD. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Manajemen . Ciracas, Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i4.189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.