PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL SAFARI LABUHANBATU UTARA

Aris Siregar

Abstract


ABSTRAK

 

 

Tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui dan  menganalisis pengaruh “pemasaran relasional dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Hotel Safari Labuhanbatu Utara” . Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskrptif dan metode analisis statistik. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara,   kuesioner   dan   studi   dokumentasi.   Perumusan   masalah   dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh pemasaran relasional dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Safari Labuhan batu Utara.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa hasil uji F dengan nilai 32,833 menunjukkan bahwa variabel pemasaran relasional dan kualitas pelayanan dipakai untuk  mengestimasi loyalitas Pelanggan Hotel Safari Labuhanbatu Utara. Hasil uji signifikan t (Uji t) menyatakan bahwa variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah variabel Pemasaran Relasional (X1), dengan tingkat nilai 7,631  >  1,99045;  dan  tingkat  signifikan  0,000  <  0,05;  dan  variabel  Kualitas Pelayanan  (X2)  memiliki  korelasi  yang  tidak  signifikan,  dengan  tingkat  nilai 0,706  <  1,99045;  dan  nilai  signifikan  sebesar  0,482  >  0,05.  Hasil  koefisien

determinan  ( R 2 )  adalah  0,674  memilki  makna  bahwa  variabel  Pemasaran Relasional  dan  Kualitas  Pelayanan  memiliki  hubungan  yang  erat  terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) pada Hotel Safari Labuhanbatu Utara. Adjusted R Square sebesar 0,440 berarti nilai 44% peningkatan Loyalitas Pelanggan (Y) pada Hotel Safari Labuhanbatu Utara dapat dijelaskan oleh Pemasaran Relasional dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya 66% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata  Kunci:  Pemasaran  Relasional,  Kualitas  Pelayanan,  dan    Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha, DH dan Irawan. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty:Yogykarta. 2003.

Boyd, Harper W, et.al. Manajemen Pemasaran. Edisi kedu. Erlangga : Jakarta. 2000.

Engel, James, et.al. Perilaku Konsumen, Ahli Bahasa oleh Drs. FX. Budiyanto, Jilid Satu, Bina Aksara : Jakarta. 2003.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. 2005.

Huriyanti, Ratih. Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen, Cetakan Pertama, Alfabeta : Bandung. 2005.

Kristianto. Psikologi Pemasaran, Buku Seru : Yogjakarta. . 2011.

Kotler dan Amstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi ke-12, Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Erlangga. 2008.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i3.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.