PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS X TATA NIAGA 2 MELALUI PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS DI SMK NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Dewi Misrawati Panggabean

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas X TN 2 melalui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 1 Kisaran. Tahun Ajaran 2019/2020.  Melalui  metode  Snowball  Throwing  ini diharapkan  siswa  mampu mencapai tujuan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ekonomi Bisnis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus . Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri  dari  satu  kali  pertemuan.  Setiap  siklus  terdiri  dari  empat  tahap  yaitu perencanaan,  pelaksanaan  tindakan,  pengamatan  dan  refleksi.  Subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TN 2 SMK Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 30 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 76% siswa aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus  melalui post  test  dan apabila 76%  siswa  dapat  mencapai nilai  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Snowball Throwing  di kelas  X  TN  2  skor  aktivitas  belajar  siswa  pada  masing-masing indikator  secara keseluruhan meningkat,dari rata-rata siklus I  sebesar  58,32 % menjadi 80,36% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 20 siswa (71.43%) menjadi 24 siswa (85,71%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II.


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ahmad Susanto, M.Pd. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Evelin Siregar dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Furqon Hidayatullah. (2009). Pengembangan Profesional Guru (PPG). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Kokom Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi.Bandung: PT Refika Aditama.

Saur Tampubolon (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sistem

Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i3.1701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.