MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM ERA PENDIDIKAN 4.0
Abstract
Kontraversi membaca untuk anak usia dini sering menjadi perdebatan. Boleh atau tidaknya diberikan pembelajaran membaca pada anak usia dini membuat para guru anak usia dini bingung dan takut untuk memberikan pembelajaran membaca pada peserta didik. Tulisan ini bertujuan untuk menjawab keraguan para guru mengenai kegiatan membaca untuk anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini menjadi dasar pembentukan berbagai kemampuan anak. Salah satu kegiatan yang perlu ditanamkan sejak dini adalah kegiatan membaca. Pembelajaran membaca diberikan pada anak usia dini bukanlah menjadi topik perdebatan lagi namun yang harus diperhatikan adalah pembelajaran membaca diberikan dengan cara yang menarik, kreatif, menyenangkan dan tanpa paksaan. Dalam era pendidikan 4.0 yang mengedepankan teknologi, guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran untuk mengajarkan membaca permulaan. Satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah kesiapan anak dalam membaca. Guru harus membantu anak agar siap membaca dengan memberikan kegiatan yang dapat membuat anak siap membaca.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Brewer, Jo Ann. Introduction Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades, Sixth Edition. Boston: Allynan Bacon, 2007.
Dhieni, Nurbiana et. al. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka, 2005.
Domann, Glenn dan Janet Doman. How To Teach Your Baby To Read, The Gentle Revolution (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Ahli Bahasa: Grace Satyadi. Jakarta: PT. Tigaraksa Satria, Tbk, 2005.
Feez, Susab. Montessori and Early Childhood. Los Angeles: SAGE, 2010.
Hainstock, Elizabeth G. Montessori untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Delapratasa Publishing, 2002.
Holt, John. Belajar Sepanjang Waktu. Jakarta: PT. Erlangga, 2012.
Jalango, Mary Renck. Early Childhood Language Arts Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon, 2007.
Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta : Grasindo, 2006.
Kasim, Nurlela Basir, et. al. Membaca 1. Jakarta : IKIP Jakarta, 1987.
Murtie, Afin. Mengajari Calistung Sejak Dini Dengan Bermain (Panduan Praktis Untuk Orangtua). Jakarta: Gramedia, 2013.
Musthafa, Bachrudin. Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi. Jakarta: Yayasan Crest Center for Research on Education and Sociocultutal Transformation Bandung dengan New Concept English Education Centre Jakarta, 2008.
Nutbrown, Cathy dan Peter Clough. Pendidikan anak Usia Dini Sejarah, Filosofi dan Pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Papalia, Diana, Sally Wendkos Olds, Ruth Duskin Feldman. Menyelami Perkembangan Manusia, Edisi 12, buku 1. Jakarta: Salemba Humanika, 2014.
Santrock , John W. Psikologi Pendidikan, Edisi 3, Buku 2. Jakarta : salemba Humanika, 2011.
Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktek. Jakarta: Indeks, 2011.
Solehuddin, M. Pembaharuan Pendidikan di TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.
Sonawat, Reeta dan Jasmine Maria Francis. Language Development for Preschool Children. Ghatkopar: Multi-tech Publishing co., 2007.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Pranada Media Group, 2011
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.