PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPOHOLON

Diana Martiani Situmeang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional Guru PAK terhadap kreativitas belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Dari hasil uji signifikansi pengaruh dapat disimpulkan bahwa hipotesa penelitian diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara guru PAKĀ  terhadap kreativitas belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Kata Kunci : pengaruh, kompetensi profesional Guru PAK


Full Text:

PDF

References


Belandina, Janse. 2005. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA. Jakarta: Bina Media Informasi.

Gultom, Andar. 2007. Profesionalisme Standart Kompetensi dan Pengembangan Profesi Guru PAK. Jakarata: Bina Media Informasi.

Kosasi, Rafles dan Soejipto. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : PT. Raya Grafindo Persada

Munandar, Utami. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaifudin, Udin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v6i1.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.