HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 SIBORONG-BORONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Mengajar dan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dengan Motivasi Belajar PAK Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Siborong-borong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif inferensial dengan populasi seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 286 orang dan sampel diambil 20% dari seluruh populasi sebanyak 56 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup yang disusun sendiri oleh peneliti. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa, diluar sampel dengan hasil 45 item valid dan reliabel. Ketiga hipotesis dalam penelitian ini teruji pada hipotesis pertama koefisien korelasi rx1y = 0,580 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2x1y= 0,580 hal ini menunjukan bahwa 58% motivasi belajar siswa ditentukan oleh Keterampilan Mengajar, melalui persamaan regresi . Hipotesis kedua koefisien korelasi r x2y = 0, 0,301 pada taraf signifikan α = 0,05 dan koefisien determinasi r2 x1y = 0,30. Hal ini menunjukan bahwa 30,1% variabel motivasi belajar siswa ditentukan oleh Kompetensi Kepribadian Guru PAK, melalui persamaan regresi . Pada hipotesis ketiga R = 0,458 pada taraf signifikan α =0,05 dan keberartian koefisien korelasiFhitung= 4,58>Ftabel = 3,23 yang berarti motivasi belajar siswa sebesar 45,8% ditentukan oleh variabel Keterampilan Mengajar dan Kompetensi Kepribadian Guru PAK dengan persamaan regresi multiple . Dari hasil analisis data disimpulkan 1) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Mengajar guru PAK dengan motivasi belajar Siswa, 2) ada hubungan yang positif dan signifikan kompetensi Kepribadian guru PAK dengan motivasi belajar siswa, 3) ada hubungan yang positif dan signifikan Keterampilan Mengajar dan Komptetensi Kepribadian Guru PAK dengan motivasi belajar siswa, artinya jika akan meningkatkan motivasi belajar siswa maka Keterampilan Mengajar dan Kompetensi Kepribadian guru PAK perlu di tingkatkan.
Kata Kunci: keterampilan mengajar, kompetensi kepribadian guru
Full Text:
PDFReferences
Alkitab, Indonesia, 2007. Lembaga Alkitab Indonesia. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Calvin S, Gardner Lindzey. 2008. Psikologi Kepribadian Teori-teori sifat dan Behavioristik. Yogyakarta: Kanisius.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gultom, Andar. 2007. Profesionalisme, Standar Kompetensi, dan Pengembangan Profesi Guru PAK. Bandung: Bina Media Informasi.
Homrighausen, E.G dan Enklaar I.H. 2007. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nainggolan, J.M. 2007. Menjadi Guru Agama Kristen: Suatu Upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Profesi Keguruan. Bandung: Generasi Info Media.
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Price, J.M. 2011. Yesus Guru Agung. Bandung : Yayasan Babtis Indonesia
Pupuh, Fathurrohman. 2007. Guru Profesional . Bandung: PT. Refika Aditama
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran: Berorienstasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sidjabat, B.S. 1993. Mengajar Secara Profesional: Mewujudkan Visi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Kudus.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Yulianti, Lidya. 2009. Profesionalisme Standar Kompetensi dan Pengembangan Profesi Guru PAK. Bandung : Bina Media Informasi
Undang-Undang RI No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Cemerlang. 2003
Undang-Undang RI No.14 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Cemerlang. 2005
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v6i1.1088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.