PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SINOLIN PADA TOKO CAKRAWALA GROSIR DI HESSA KABUPATEN ASAHAN

Sofiyana Sofiyana, Tengku Syarifah, Heri Prasuhanda Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Cakrawala Grosir  Di Hessa Kabupaten Asahan. Sampel Penelitian diambil sebanyak 93 orang konsumen. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian analisis regresi linier berganda Y = 0,280 – 0,087 X1 + 0,340 X2 + 0,440 X3 + 0,253 X4 + e. Dari hasil uji F(Uji Simultan) diperoleh Fhitung sebesar 18,761 dengan nilai signifikan 0,000. Sedangkan Ftabel sebesar 2,48 dengan α 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara simultan Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3) dan Kualitas Pelayanan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, karena Fhitung> Ftabel (18,761 > 2,48) signifikan penelitian (0.000 < 0,05). Nilai signifikan Variabel Produk sebesar 0,375 > 0,05, hal ini menunjukan bahwa Variabel Produk (X1)  berpengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan dibuktikan pula dengan nilai thitung (-0,892) < ttabel (1,987) dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Nilai signifikan Variabel Harga sebesar 0,001 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa Variabel Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan dibuktikan pula nilai thitung (3,512) > ttabel (1,987) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikan Variabel Lokasi sebesar 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa Variabel Lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan dibuktikan pula nilai thitung (4,420) > ttabel(1,987) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikan Variabel Kualitas Pelayanan sebesar 0,033 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa Variabel Kualitas Pelayanan (X4) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan dibuktikan pula nilai thitung (2,169) > ttabel(1,987) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Toko Cakrawala Grosir Di Hessa Kabupaten Asahan. Kemudian pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,436 atau sebesar 43,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan sebesar 43,6% sedangkan sisanya sebesar 56,4% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v1i1.705

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v1i1.705.g615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com