PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KECAP BANGO (STUDI KASUS PADA IBU-IBU KELURAHAN BINJAI SERBANGAN KECAMATAN AIR JOMAN)
Abstract
Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori manajemen pemasaran dengan lebih berfokus pada faktor kualitas produk, citra merek, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian adalah penjelasan. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi adalah seluruh ibu-ibu pada Kelurahan Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman dan ditetapkan jumlah sampel dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 50 orang ibu-ibu.
Berdasarkan persamaan linier berganda yang diperoleh sebagai berikut bahwa Ŷ = 1,382 + 0,776 X1 + 0,267 X2 + 0,396 X3 + e. Pada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kualitas produk (X1), citra merek (X2) dan kepuasan konsumen (X3) mempunyai koefisien regresi positif yang membuktikan kontribusinya terhadap loyalitas konsumen kecap Bango (Y) yang merupakan Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Kelurahan Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman dalam model regresi ini.
Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa nilai Fhitung (69,629) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2,81), dan sig. α (0,000a) lebih kecil dari alpha 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen secara serempak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen kecap Bango ( Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Kelurahan Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman ).
Pengujian secara parsial diperoleh hasil untuk kualitas produk (5,628), citra merek (2,452) dan kepuasan konsumen (3,124). Dengan demikian secara parsial pengaruh yang dominan terhadap loyalitas konsumen kecap Bango ( Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Kelurahan Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman ) pegawai pada adalah variabel kualitas produk.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen
DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v3i1.2213
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v3i1.2213.g1710
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v3i1.2213.g1710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com