ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PASIEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANTARA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAHAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dan Kepuasan pasien sebagai variabel intervening antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Umum Daerah Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur (path analysis) dan pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan koefisien determinasi, sehingga akan dapat melihat pengaruh secara linier antara dua atau lebih variabel independent dengan variabel dependent.
Hasil analisis jalur diperoleh total pengaruh langsung dan tidak langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kepuasan menghasilkan total kontribusi sebesar 42,15% sedangkan total pengaruh langsung antara kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien yang dimediasi oleh kualitas pelayanan adalah 10,35%. Jadi jika di akumulasikan total pengaruh yang dapat diberikan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mempengaruhi loyalitas pasien menggunakan jasa Rumah Sakit Umum Daerah Lahat mencapai 52,5% sedangkan sisanya 47,5% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan didalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/mes.v2i1.1418
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v2i1.1418.g1170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com