Rancang Bangun Mesin Sangrai Kacang Model Roll Heater Kapasitas 5 Kg/Jam

Manatap Boby Heriadi Sinaga, Din Aswan, Fadly Ahmad Kurniawan, Junaidi Junaidi

Abstract


Salah satu alternatif untuk memudahkan pekerja dalam mengontrol proses pemanggangan yaitu dengan membuat mesin pemanggang kacang tanah yang menggunakan pengatur waktu (timer). Mesin pemanggang kacang tanah tersebut dapat membantu memudahkan produsen untuk memproduksi kacang panggang dengan tingkat kematangan yang konsisten serta dapat mengurangi waktu yang digunakan untuk produksi kacang panggang. Sehingga proses produksi menjadi lebih lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian yaitu Mendapatkan hasil perhitungan daya motor untuk menyangrai kacang tanah, Mendapatkan hasil perhitungan torsi motor yang di butuhkan dan Mendapatkan hasil perhitungan tegangan geser pada poros yang di ijinkan. Pembuatan mesin penyangrai kacang tanah merupakan salah satu proses alternative untuk menambah evisiensi da produktivitas pengolahan kacang sangrai,oleh karena itu mesin penyangrai kacang tanah ini di buat guna mengatasi masalah produksi yang lama,pada produsen kacang sangrai sekalah menengah dan kecil.Desain mesin sangrai ini menggunakan tenaga pengerak Motor Listrik,selanjutnya merencanakan dan menghitung gaya pada komponen elemen mesin besar,daya motor Hasil penelitian menemukan bahwa Dari perencanaan dan perhitungan pada mesin sangrai kacang dengan menggunakan model horizontal  diperoleh desain mesin sangrai kacang dengan spesifikasi sebagai berikut :Tegangan geser pada poros adalah 0,80 NTorsi yang di dapat oleh motor adalah 675 Nm dan Daya yang aman digunakan untuk perencanaan mesin adalah 1,25 HP


Full Text:

PDF

References


Basuki, P. et al. (2022a). Perancangan Mesin Pemanggang Kacang Tanah Menggunakan Pengatur Waktu. Neo Teknika, 8 (1), pp.21–28.

Basuki, P. et al. (2022b). Perancangan Mesin Pemanggang Kacang Tanah Menggunakan Pengatur Waktu. Neo Teknika, 8 (1), pp.21–28.

Basuki, P. et al. (2022c). Perancangan Mesin Pemanggang Kacang Tanah Menggunakan Pengatur Waktu. Neo Teknika, 8 (1), pp.21–28.

Basuki, P. et al. (2022d). Perancangan Mesin Pemanggang Kacang Tanah Menggunakan Pengatur Waktu. Neo Teknika, 8 (1), pp.21–28.

Deutschman. (1964). Machine Design : Theory and Practice. New York : Macmillan Publishing Co., Inc. pp.1–3.

Didu, S. and Fauzi, F. (2016). Pengaruh jumlah penduduk, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Kabupaten Lebak. Jurnal Ekonomi-Qu, 6 (1).

Malik, A. (2016). Ekonomi Kacang Tanah. BPTP Jawa Tengah/IAARD Press.

Riyadi, E. S. and Kusumawati, E. (2022). Rancang Bangun Sliding Cutting Jig Guna Mengoptimalkan Fungsi Kerja Mesin Gerinda Tangan Sebagai Alat Potong Plat Lembaran. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 4 (2), pp.82–89. [Online]. Available at: doi:10.14710/jplp.4.2.82-89.

SIANTURI, L. D. Y. (2022). Rancang Bangun Peralatan Mesin Pemasak Kacang Tanah Sangrai.

Sularso & Suga, K. (2004). Dasar perencanaan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta: Pradya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.