Perencanaan Mesin Penggiling Jahe Pada Skala Home Industri

Fery Fadli, Rahmadsyah Rahmadsyah, Intan Zahar

Abstract


Alat penggiling jahe yaitu suatu alat yang digunakan untuk menghaluskan suatu bahan yang dalam hal ini bahan rempah jahe. Alat penggiling didukung tenaga dinamo mesin motor yang berfungsi sebagai penggerak penggiling jahe yang mampu mempersingkat waktu penggilingan jahe dari pada menumbuk jahe. Memanfaatkan dinamo yang diteruskan puli (pulley) dengan menggunakan V-belt sebagai penghubung ke pemarut jamu. Jahe telah dimanfaatkan sebagai bahan bumbu masakan dan bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. Sehubungan hal tersebut maka akan dilakukan perencanaan alat penggiling jahe yang bersifat semi otomatis dan sedikit mengurangi tenaga manusia dan digerakkan oleh motor listrik . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daya motor listrik pada mesin penggiling jahe, spesifikasi poros, pasak, puli, dan bantalan, cara kerja dari mesin penggiling jahe,  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi lapangan dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan alat penggiling jahe dalam skala home industry motor listrik yang digunakan pada perencanaan mesin penggiling jahe yaitu dengan daya 1/2 HP dengan putaran 1300 rpm.


Full Text:

PDF

References


Handika, L. E., & Pramesti, Y. S. (2022, August). RANCANG BANGUN MESIN PEMARUT JAHE KAPASITAS 5KG. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 2, pp. 316-321).

Ibriza, F., & Wiseno, E. (2022). Perancangan Poros pada Mesin Pengurai Limbahkelapa Muda. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 4179-4186.

Istiqlaliyah, H. (2015). Perencanaan mesin peniris minyak pada keripik nangka dengan kapasitas 2, 5 Kg/Menit. Nusantara of Engineering, 2(1).

Mulyadi, M., Rauf, F. A., & Poeng, R. (2013). Aplikasi perangkat lunak untuk perencanaan pengelasan pada material baja. Poros: Jurnal Teknik Mesin Unsrat, 4(1), 162556.

Ngatirah, N., & Dewi, C. W. A. (2020). Pelatihan penggunaan mesin penggiling jahe dan pengolahan limbah ampas jahe menjadi bubuk jahe. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 589-593.

Priono, H., Ilyas, M. Y., Nugroho, A. R., Setyawan, D., Maulidiyah, L., & Anugrah, R. A. (2019). Desain pencacah serabut kelapa dengan penggerak motor listrik. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 3(1), 23-28.

Putri, F. (2009). PENGARUH BESAR ARUS LISTRIK DAN PANJANG BUSUR API TERHADAP HASIL PENGELASAN. Austenit, 1(02).

Sularso dan Kiyokatsu Suga. 2008. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta; PT. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.